Pemkab Tulang Bawang Barat Gelar Bimtek Tentang Sakip

Laporan – Rosid
Editor – More Situmorang

TULANGBAWANG BARAT– Guna meningkatkan kinerja, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) di Wisma Asri Tiyuh Tirta Makmur, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Rabu (9/11/2022).

Kepala Bagian Organisasi Pemkab Tulang Bawang Bawang Barat Herliyanti ketika dikonfirmasi mengatakan, Bimtek ini berlangsung selama dua hari yang di mulai Tanggal 9 hingga 10 November 2022.

Dijelaskan Herliyanti, sistem akuntabilitas pemerintah (SAKIP) merupakan penerapan manajemen kinerja pada sektor publik yang sejalan dan konsisten dengan penerapan reformasi yang berorientasi pada hasil dan upaya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

“Kegiatan bimtek ini berdasarkan
Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang,” kata Herliyanti

Diterangkanya, kegiatan ini bertujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklarafikasian, pengikhtisaran,l dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah dan Permenpan Nomor 88 Tahun 2021 tentang Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang mana.

“Tujuan dilaksanakan evaluasi SAKIP untuk mengetahui sejauh mana Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dilaksanakan dalam mendorong peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil pada Instansi Pemerintah,” terangnya

Selain itu, kata Herliyanti, SAKIP adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya.

Sedangkan Sasaran dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah adalah menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat beroperasi secara
efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannya, terwujudnya transparansi instansi pemerintah. Dan terwujudnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional serta
terpeliharanya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

“Pada kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 86 Orang peserta terdiri dari Pejabat Administratur, Pejabat Pengawas dan Pejabat
fungsional Perencana dari seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Dan bertindak sebagai narasumber dari BPKP Provinsi Lampung,” bebernya

Dalam kegiatan ini, para peserta akan diberikan Bimtek berupa Materi dan Praktek langsung untuk benar-benar dapat memahami bagaimana penyusunan dokumen SAKIP dan pertanggungjawaban kinerja yang baik dan benar di masing-masing satuan kerja.

Menurutnya, aplikasi yang dibangun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini, sebagai upaya peningkatan kualitas pelaksanaan akuntabilitas kinerja di lingkungan instansi pemerintah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. Sistem ini bertujuan sebagai sarana pembinaan interaktif pelaksanaan Akuntabilitas kerja instansi pemerintah dan sarana penyampaian laporan kinerja secara online.

“Bagi seorang pimpinan atau kepala daerah, SAKIP akan berguna untuk mengukur setiap pembangunan atau kinerja yang dilakukan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Selain itu, sistem ini juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mempersingkat anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan di daerah.
kami berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya dapat diterapkan di instansi masing-masing,”jelasnya (ROSID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *