Perpustakaan Adakan Training Internal Auditor ISO 9001:2015

Unila (dinamik.id) – UPT Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) adakan kegiatan Training Internal Auditor ISO 9001:2015, Selasa dan Rabu, 7-8 Maret 2023 di ruang auditorium lantai 3 Perpustakaan.

Training Internal Auditor ISO 9001:2015 diikuti oleh 20 staf UPT Perpustakaan Unila. Acara dibuka oleh Wakil Manajemen Mutu UPT Perpustakaan Unila, Sumarno, S.Sos., M.M..

Kepala UPT Perpustakaan Unila Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., Ph.D.Eng mengatakan, penerapan ISO 9001:2015 di perpustakaan dapat membantu meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas layanan yang diberikan kepada pengguna.

“Untuk mengawal penerapan ISO 9001 dan sebagai pioner dalam meningkatkan awareness di lingkungan UPT Perpustakaan, perlu dilakukan pelatihan auditor. Dengan begitu, setiap divisi dan subdivisi dapat menginternalisasi nilai-nilai yang terdapat pada ISO 9001,” jelasnya.

Training Internal Audit ISO UPT Perpustakaan Unila menghadirkan pemateri yakni Sutarji dari PT IAPMO Group Indonesia.

Dengan materi berjudul Training Internal Audit ISO 9001:2015 based on ISO 19011:2018, Sutarji menjelaskan tentang pentingnya kegiatan- kegiatan audit dan melatih peserta menjadi auditor dan auditee.

“Audit merupakan suatu proses yang sistematis, independen dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti yang objektif dan mengevaluasi secara objektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit terpenuhi” tuturnya.

Sutarji juga menambahkan bahwa Internal Audit dilakukan untuk memastikan bahwa system dilaksanakan (sesuai prosedur/IK), sesuai persyaratan standar, dilaksanakan dan dipelihara secara efektif dan audit juga sebaiknya menemukan potensi-potensi perbaikan/ peningkatan.

Pada training hari pertama peserta fokus dengan materi yang diberikan oleh nara sumber. Selanjutnya pada hari kedua peserta melakukan latihan menjadi auditor dan auditee kemudian diakhiri dengan pos test untuk melihat kelayakan apakah peserta training layak mendapatkan sertifikat auditor. [Naz]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *