Bergerak Bersama, Warga Desa Tua Wiralaga II Semangat Gotong-Royong

Laporan More Situmorang
MESUJI (Dinamik.Id) — Dampak dari aksi Penjabat Bupati Mesuji, Drs.Sulpakar.MM yang memboyong para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemerintahan Kabupaten setempat, untuk bergotong-royong membersihkan lingkungan tiga desa tua, di Kecamatan Tanjung Raya beberapa waktu lalu, kini masyarakat di desa tua yang ada di kecamatan lainnya mulai berbenah diri dan semangat bergotong-royong.

Seperti yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Sungai Badak pekan lalu, dan kini giliran para perangkat desa, kader posyandu, dan Karang Taruna Desa Wiralaga II, Kecamatan Mesuji yang kompak beramai-ramai turun membersihkan sampah dan rumput yang tumbuh liar di jalan-jalan lingkungan, saluran air, serta permukiman masyarakat setempat, Jumat (17/03/2023) kemarin.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Desa Wiralaga II Andresco kepada wartawan mengatakan, bahwa masyarakat di desanya mulai kompak untuk bergotong-royong membersihkan lingkungan desanya. Mulai dari memungut sampah, membersihkan rumput di saluran air yang bisa saja menyebabkan banjir, serta menimbun badan jalan yang berlubang.

“Alhamdulillah masyarakat dan perangkat desa, kader posyandu, pemuda kompak berinsiatif untuk melakukan kegiatan bersih-bersih desa. Dan ini akan kami jadikan agenda rutin setiap seminggu sekali di hari Jumat,” kata Andresco, Sabtu (18/03/2023).

Mengetahui hal itu, Pj Bupati Mesuji Sulpakar mengapresiasi atas aksi bersih-bersih masyarakat di desa tua yang di motori oleh perangkat desa, kader posyandu dan kalangan pemuda Desa Wiralaga II. Dia berharap, dapat di contoh oleh desa-desa yang lain, tidak hanya masyarakat di desa tua saja.

Sebab lanjut dia, budaya gotong-royong ini memang harus selalu di lestarikan agar lingkungan bersih, masyarakat juga akan hidup sehat jauh dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Selain itu, budaya gotong-royong akan menjaga kekompakan, serta memotivasi yang lain untuk sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

“Saya ucapkan terimakasih atas kesadaran masyarakat yang bahu-membahu membangkitkan budaya gotong-royong, membersihkan lingkungan desanya masing-masing. Saya bangga masyarakat Mesuji ternyata masih punya jiwa semangat gotong-royong dan ini harus di pertahankan,” harap Sulpakar.

Sosok pemimpin yang dikenal disiplin dalam bekerja itu pun menghimbau seluruh Kepala Desa, agar senantiasa menggerakkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan semangat bergotong-royong.

“Saya menghimbau kepada para Kepala Desa, agar menggerakkan masyarakat nya untuk semangat bergotong-royong, membersihkan lingkungannya. Sebagai salah itu upaya untuk mencegah terjadinya musibah banjir apalagi di saat musim penghujan seperti saat ini, kalau lingkungannya bersih, maka hidup juga akan sehat. Bergerak Bersama, Maju Semua,” tandasnya. (MORE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *