Hasil Lengkap Debat Capres-Cawapres 1-5: Anies, Prabowo dan Ganjar Siapa Unggul?

Minggu, 4 Februari 2024 - 23:46 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta (dinamik.id) – Hasil Lengkap Debat Capres-Cawapres 1-5: Anies, Prabowo dan Ganjar Siapa Unggul?
Pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah menyampaikan visi misinya.

Hari ini, Minggu (4/1/2024), debat terakhir yang dilakukan oleh capres mengambil tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Seperti dikutip dari situs KPU, debat terakhir dimulai pukul 19.00 WIB dan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat. Debat disiarkan secara langsung di TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV.

ADVERTISEMENT

adddinamik

SCROLL TO RESUME CONTENT

Debat terakhir capres ini dilakukan dengan durasi 120 menit, di tambah dengan 30 menit jeda iklan. Adapun susunan acara debat capres terakhir pada Minggu (2/4/2024) adalah:

Segmen pertama, debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja oleh masing-masing capres. Segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima adalah pendalaman visi, misi, dan program kerja oleh masing-masing capres.

Kemudian moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada peserta dan masing-masing capres diberi kesempatan untuk saling menanggapi. Segmen keenam atau penutup, masing-masing peserta debat menyampaikan pernyataan penutupnya.

Namun terdapat sedikit perubahan aturan dari debat-debat sebelumnya, Di mana KPU menetapkan penambahan waktu menjadi 4 menit pada segmen keenam. Namun, perubahan yang terjadi tidak mengubah durasi waktu total pelaksanaan debat, yaitu selama 120 menit.

Ini hasil lengkap debat capres-cawapres 1-5:
Debat Pertama: Capres
Debat pertama digelar pada Selasa, 12 Desember 2023 dengan tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Pada debat perdana ini, Anies menyampaikan visi pertama kali. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu langsung tampil menyerang dengan permasalahan HAM yang ada di negeri ini. Kemudian, Prabowo bicara masalah demokrasi, sedangkan Ganjar soal layanan publik.
Penanganan HAM di Papua menjadi sorotan utama. Prabowo menyampaikan bahwa penanganan masalah keamanan di Papua rumit karena gerakan separatisme dan campur tangan pihak asing.

Menurutnya, perlindungan kepada penduduk Papua dari separatis menjadi penting melalui penegakan hukum, memperkuat aparat, dan mengakselerasi pembangunan.

Kemudian, Ganjar menanggapi pernyataan Prabowo dengan menegaskan bahwa dialog menjadi sangat penting sebagai solusi atas persoalan di Papua. Lalu Anies menyampaikan bahwa persoalan lebih dari kekerasan yakni ketidakadilan di Papua.

Debat kembali memanas ketika Anies menilai kepercayaan rakyat saat ini semakin menurun pada proses demokrasi, tak sekadar kepada partai politik. “Kebebasan berbicara menurun dan angka demokrasi menurun,” ujarnya.

Menanggapi Anies, Prabowo menegaskan bahwa demokrasi berjalan dengan baik dan salah satu buktinya adalah Anies memenangi Pilgub DKI meskipun berstatus oposisi.

“Saya berpendapat Mas Anies ini agak berlebihan. Mas Anies mengeluh tentang demokrasi ini dan itu, [tapi] Mas Anies jadi Gubernur DKI menghadapi pemerintah yang berkuasa, saya yang mengusung Bapak […] Anda oposisi dan Anda terpilih,” kata Prabowo.

Baca Juga :  Anggota DPRD Lampung Lakukan Reses di Desa Babatan Lampung Selatan

Sementara itu, Ganjar menegaskan bahwa tidak ada demokrasi tanpa partai politik sebagai tempat kaderisasi dan pendidikan politik.

Tensi perdebatan kian meninggi saat Anies membalas pernyataan Prabowo dengan menyebutnya tidak tahan menjadi oposisi. Prabowo yang spontan siap menjawab Anies, langsung disetop oleh moderator dan situasi debat kembali kondusif.

Pada tema hukum, Prabowo menegaskan independensi kehakiman tanpa intervensi harus terjaga. Dia pun berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup para hakim sehingga tidak mudah diintervensi melalui suap dan semacamnya. “Jadi mereka tidak melakukan korupsi, itu komitmen saya kepada rakyat Indonesia,” katanya.

Ganjar yang bertugas menanggapi pernyataan Prabowo justru melontarkan pertanyaan terkait pelanggaran etik hakim MK beberapa waktu lalu. Namun, moderator segera memutus pertanyaan itu dan menjelaskan bahwa tidak ada pertanyaan tetapi hanya tanggapan.

Prabowo merespons bahwa aturan dari MK tersebut sudah jelas. Dirinya mengklaim bahwa rakyat telah mengetahui proses pengambilan keputusan tersebut.

“Saya kira mengenai Mahkamah Konstitusi aturannya sudah jelas. Kita juga bukan anak kecil, rakyat kita juga pandai, rakyat kita lihat dan tahu, Mas Ganjar, kita tahu lah bagaimana prosesnya, yang intervensi siapa,” katanya.

Anies mempertanyaan perasaan Prabowo Subianto soal putusan MK yang sarat pelanggaran etik. Putusan MK itu pun menjadi jalan Gibran Rakabuming Raka maju sebagai cawapres. Menjawab hal itu, Prabowo mengatakan bahwa soal putusan MK mengenai batas umur cawapres bisa dilihat dari berbagai perspektif. Berdasarkan masukan dari tim hukumnya, Prabowo mengaku bahwa putusan itu tidak bermasalah dari segi hukum.

Debat Kedua: Cawapres
Debat kedua khusus cawapres, yakni cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Mahfud MD. Debat yang digelar 22 Desember 2023 ini mengambil tema Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), tampil di luar ekspektasi. Terlepas dari plus minusnya, dia berhasil membuktikan mampu berdebat dengan dua tokoh yang jauh lebih senior yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Mahfud MD.

Gibran bahkan berhasil menjadi cawapres yang paling banyak menerima sentimen positif di sosial media X selama debat kedua Pemilu 2024. Berdasarkan hasil analisis Drone Emprit, sentimen positif Gibran pada debat cawapres itu mencapai 70%.

Gibran juga mendapatkan sentimen negatif 23% dan sisanya sentimen netral 7% dari total sebutan di media sosial X mencapai 31.580 kali.

Sebaliknya, cawapres nomor urut 01, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin justru mendapatkan sentimen negatif terbanyak dalam performanya pada debat tersebut.

Baca Juga :  Rugikan Negara Rp 236 M, Ini Dugaan Korupsi Eks Direktur Pos Indonesia

Mengacu data analisis yang sama, Cak Imin memperoleh sentimen negatif yang mencapai 41%, diikuti sentimen positif 48% dan sentimen netral 11% dari total sebutan 26.849 kali.

Sementara itu, pasangan Ganjar Pranowo, Mahfud MD menjadi cawapres yang jarang disebut di X. Pasalnya, Mahfud hanya disebut di X sebanyak 11.385 kali. Perinciannya, sentimen positif 69%, sentimen negatif 16% dan netral sebanyak 15%. Hasil selengkapnya baca di sini

Debat Ketiga: Capres
Debat ketiga digelar pada Minggu, 7 Januari 2024. Pada debat kali ini, para capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo beradu gagasan mengenai Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional.

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mendapat sentimen negatif paling tinggi dalam debat ketiga. Hal itu terungkap dalam hasil analisis Drone Emprit dalam rilis terbaru terkait respons publik, terutama di media sosial, atas performa capres dalam debat ketiga Pilpres 2024.

Survei yang dirilis tersebut menyatakan Prabowo Subianto mendapatkan sentimen negatif terbanyak yakni 54,09% dengan jumlah numerik 22,008. Meski begitu, dia juga mendapatkan sentimen positif 39,93% dengan numerik 16,247, dan netral sebanyak 5,98% dengan numerik 2,435.

Sementara itu, capres nomor urut 1 Anies Baswedan mendapatkan sentimen positif paling tinggi dengan 75,98% dengan jumlah numerik 46,272. Meski begitu, Anies tetap mendapatkan sentimen negatif dengan 14,30% dengan jumlah numerik 8,710. Lalu, netral 9,72% dengan numerik 5,918.

Lain hal dengan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mendapatkan sentimen negatif sebanyak 10,89% dengan jumlah numerik 4,669. Meski begitu, Ganjar tetap mendapatkan sentimen positif 72,12% dengan jumlah numerik 30,913, dan netral 16,99%, jumlah numerik 7,283.

Adapun jika semua dijumlahkan, Anies mendapatkan jumlah numerik tertinggi dengan 60,900, disusul Ganjar dengan 42,865, dan Prabowo sebesar 40,690. Baca selengkapnya di sini

Debat Keempat : Cawapres
Debat keempat digelar pada Minggu, 21 Januari 2024. Debat yang mengambil tema Pembangunan berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa dilakukan cawapres.

Hasil pemantauan Drone Emprit di Twitter menyebutkan sisi positif dan negatif dari masing-masing cawapres yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Berdasarkan analisis sentimen di Twitter, penilaian terhadap cawapres nomor urut 1 Cak Imin yakni 80% menilai positif, negatif 6% dan netral 14%. Lalu untuk cawapres nomor urut 2 Gibran, mendapat penilaian positif 33%, negatif 60% dan netral 7%.

Sementara itu, untuk cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mendapat penilaian positif 79%, negatif 12% dan netral 9%. Sentimen terhadap cawapres berdasarkan data most retweeted. (Pin)

Berita Terkait

KPU Kota Bandar Lampung Responsif Terhadap Temuan Bawaslu dalam Pemilu 2024
Duet Nanda-Antonius, Sinergi Baru untuk Pesawaran 2024?
Bawaslu Bandar Lampung Ungkap 13 Temuan Pengawasan Tahap Coklit Data Pemilih
Pj Bupati Febrizal Levi, Hadiri Pencanangan PIN Polio di Puskesmas Brabasan
RIB Lampung Bentuk 20 Koordinator Kecamatan untuk Menangkan Iqbal Ardiansyah di Pemilihan Wali Kota
Puskesmas Wirabangun Gelar Pencanangan PIN Polio di Balai Desa Mulya Agung
Giliran RIB Tegaskan Dukungan ke Calon Walikota Bandar Lampung Iqbal Ardiansyah
PKB dan Gerindra Resmi Berkoalisi di Pilbup Lamtim, Ela Siti Nuryamah Melaju
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 22:40 WIB

KPU Kota Bandar Lampung Responsif Terhadap Temuan Bawaslu dalam Pemilu 2024

Rabu, 24 Juli 2024 - 15:05 WIB

Duet Nanda-Antonius, Sinergi Baru untuk Pesawaran 2024?

Rabu, 24 Juli 2024 - 09:00 WIB

Bawaslu Bandar Lampung Ungkap 13 Temuan Pengawasan Tahap Coklit Data Pemilih

Selasa, 23 Juli 2024 - 16:34 WIB

Pj Bupati Febrizal Levi, Hadiri Pencanangan PIN Polio di Puskesmas Brabasan

Selasa, 23 Juli 2024 - 12:54 WIB

RIB Lampung Bentuk 20 Koordinator Kecamatan untuk Menangkan Iqbal Ardiansyah di Pemilihan Wali Kota

Berita Terbaru