Dinsos Pringsewu Gelar Rapat Koordinasi SIKS-NG dan Sosialisasi Emak

Selasa, 30 Agustus 2022 - 18:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PRINGSEWU (dinamik.id) — Dinas Sosial (Dinsos) Pringsewu melaksanakan rapat koordinasi tentang Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) dan sosialisasi Aplikasi Elektronik Maksimum Komplain (EMAK) dalam penanganan aduan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Acara yang diselenggarakan di Aula Kolam Renang Paris Kelurahan Fajaresuk, Kecamatan Pringsewu, Selasa (30/8/2022), dibuka oleh Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Hipni. Hadir juga Kadis Sosial Pringsewu Dra. Titik Pujilestari, para camat se – Pringsewu yang mewakili, peserta rapat koordinasi yang merupakan operator SIKS-NG dan EMAK se – Pringsewu.

Dalam laporannya Kadis Sosial Pringsewu Titik Pujilestari mengatakan, rakoor program SIKS-NG ini merupakan sistem informasi dari Kementerian Sosial RI yang digunakan untuk pengumpulan, pengelolaan, penyajian dan penyimpanan data kesejahteraan sosial dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan.

“Selain program SIKS-NG, dinas juga mensosialisasikan program Aplikasi EMAK. Mengingat, TKSK dan PSM sebagai garda terdepan maka dari itu perlu adanya peningkatan dari segi SDM terhadap para pekerja sosial tersebut,” katanya.

Oleh sebab itu lanjut Titik, dengan diadakannya kegiatan ini para peserta rakoor dapat memahami dan diterapkan di tiap pekonnya. Karena, tidak semua masyarakat bisa mengakses aplikasi SIKS-NG dan EMAK.

“Oleh karenanya, ini menjadi tantangan yang harus disikapi oleh Pemkab Pringsewu salah satunya, dengan memaksimalkan data kesejahteraan sosial melalui aplikasi SIKS-NG ditingkat desa atau kelurahan masing-masing demi kesejahteraan masyarakat Pringsewu,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Hipni mengatakan, dalam pengelolaan data terpadu adalah kegiatan sistematis dalam pengaturan, penyimpanan dan pemeliharaan data yang mencakup pendataan, verifikasi dan validasi, dan penetapan data yang diperlukan untuk memastikan aksesibilitas, keandalan, ketepatan waktu, dan akuntabilitas data dalam penggunaanya.

Baca Juga :  Berkontribusi dalam Program JKN-KIS, Gubernur Arinal Terima Penghargaan dari BPJS

“Rakoor aplikasi SIKS-NG ini adalah sebuah pelatihan yang ditujukan bagi operator pekon dan kelurahan dalam rangka pengelolaan data terpadu kesejahteraan sosial di tingkat pekon dan kelurahan sehingga mendapatkan data yang valid, akuntabel dan berkelanjutan demi kemajuan kabupaten Pringsewu ke depan,” katanya.

Menurutnya, dalam kegiatan ini diharapkan peserta yang hadir dapat lebih paham dalam pemanfaatan data terpadu kesejahteraan sosial dalam penanganan fakir miskin dan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS).

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan terhadap seluruh operator desa dan kelurahan tentang aplikasi SIKS-NG dan EMAK dalam pengoperasian data verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial,” jelasnya. (PON/RED)

Berita Terkait

Gubernur Lampung Ajak PWI Berperan Aktif dalam Pilkada 2024
Pj Bupati dan Pj Ketua TP-PKK Turun Langsung Vaksinasi Polio di Kabupaten Tubaba
Siap Dipanggungkan: Sembilan Pementasan Teater Bahasa Lampung
Bawaslu Bandar Lampung Ungkap 13 Temuan Pengawasan Tahap Coklit Data Pemilih
Pj Bupati Febrizal Levi, Hadiri Pencanangan PIN Polio di Puskesmas Brabasan
Peringati HUT ke-51, KNPI Lampung Gelar Donor Darah
Pengambilan Sumpah 7 Pejabat Tinggi Pratama oleh Penjabat Bupati Tubaba
RIB Lampung Bentuk 20 Koordinator Kecamatan untuk Menangkan Iqbal Ardiansyah di Pemilihan Wali Kota
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 Juli 2024 - 13:12 WIB

Gubernur Lampung Ajak PWI Berperan Aktif dalam Pilkada 2024

Rabu, 24 Juli 2024 - 22:44 WIB

Pj Bupati dan Pj Ketua TP-PKK Turun Langsung Vaksinasi Polio di Kabupaten Tubaba

Rabu, 24 Juli 2024 - 09:10 WIB

Siap Dipanggungkan: Sembilan Pementasan Teater Bahasa Lampung

Rabu, 24 Juli 2024 - 09:00 WIB

Bawaslu Bandar Lampung Ungkap 13 Temuan Pengawasan Tahap Coklit Data Pemilih

Selasa, 23 Juli 2024 - 16:34 WIB

Pj Bupati Febrizal Levi, Hadiri Pencanangan PIN Polio di Puskesmas Brabasan

Berita Terbaru

Pemerintahan

Gubernur Lampung Ajak PWI Berperan Aktif dalam Pilkada 2024

Kamis, 25 Jul 2024 - 13:12 WIB