PJ Bupati Mesuji Sulpakar Hadiri Musrenbang Provinsi Lampung 2023

PJ Bupati Mesuji Sulpakar, Hadiri Musrenbang Provinsi Lampung 2023 di Bandar Lampung
BANDAR LAMPUNG — Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Lampung 2023 dalam rangka penyusunan RKPD 2024 di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Rabu (29/03/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengatakan, tidak ada alasan bagi Provinsi Lampung untuk tidak berswasembada, karena semua kebutuhan ada serta masyarakat sudah menguasai penerapan teknologi.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, perencanaan yang baik tentunya disusun dengan memperhatikan hasil evaluasi pembangunan sebelumnya.

“Perencanaan pembangunan daerah merupakan satu kesatuan dari sistem perencanaan nasional. Oleh karenanya, Forum Musrenbang menjadi penting untuk berperan merumuskan, seberapa besar dampak dari perencanaan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Gubernur Lampung.

Namun tentunya menurut Gubernur, perencanaan yang baik disusun dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan tahun sebelumnya.

Dimana pada tahun sebelumnya Pasca Covid-19, ekonomi Lampung sepanjang Tahun 2022 tumbuh positif 4,28 persen dan laju Inflasi tetap terkendali.

“Berbagai keberhasilan Pemerintah Provinsi Lampung sampai dengan Tahun 2023 juga tergambar dengan diraihnya 114 penghargaan dari instansi pemerintah pusat maupun berbagai lembaga masyarakat,” paparnya.

Gubernur mengingatkan, bahwa RKPD Provinsi Lampung Tahun 2024 merupakan periode terakhir dari penjabaran RPJMD Provinsi Lampung 2019-2024.

“Tentunya, telah kita ketahui bersama bahwa terdapat beberapa sasaran dan target pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD tersebut.”

Artinya pada Tahun 2024 mendatang, Arinal menekankan kepada seluruh jajaran Pemprov Lampung untuk secara maksimal mengerahkan seluruh sumber daya dan kemampuan yang ada agar dapat memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

“Langkah selanjutnya untuk mendukung Rencana Kerja Pemerintah Pusat (RKPP) Tahun 2024 yang bertema ‘Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.’

Gubernur menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung telah menetapkan dan bersinergi dengan tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 yang bertajuk Pemantapan Transformasi Ekonomi dan Kualitas Sumber Daya Manusia menuju Rakyat Lampung Berjaya.

Musrenbang juga diisi dengan pemaparan oleh Menteri Perdagangan RI yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi, yang menyampaikan beberapa hal terkait transformasi ekonomi melalui hilirisasi komoditas unggulan Provinsi Lampung.

Sementara itu Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari Musrenbang ini adalah sebagai forum lintas pemangku kepentingan pembangunan di daerah, untuk bersama-sama melakukan penajaman, penyelarasan, serta penyepakatan terhadap rancangan RKPD Provinsi Lampung Tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Mulyadi Irsan juga memberikan pemaparan terkait capaian tahun 2022 dan Target Indikator Makro Pembangunan Provinsi Lampung Tahun 2024.

Musrenbang Provinsi Lampung Tahun 2023 juga dihadiri oleh Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, anggota DPD RI Abdul Hakim, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, Jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staf Ahli Gubernur, Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Instansi Vertikal Provinsi Lampung, Para Rektor, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan, Pimpinan Media Pers, dan Kalangan Dunia Usaha.(ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *