Liwa Expo Bakal Digelar, Pemkab Lambar Gelar Rakor

LAMPUNG BARAT – Gelaran Liwa Expo di Lampung Barat bakal digelar di Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit pada 24 hingga 28 September 2022 mendatang. Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Lambar gelar Rapat Koordinasi di Aula Kagungan Pemkab setempat, Selasa (13/9/2022).

Adapun Rakor diatas dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Nukman, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama dan Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Ismet inoni.

Bacaan Lainnya

Kemudian, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Daman Nasir, M.P dan dihadiri kepala perangkat daerah serta Camat.

Diketahui, Liwa Expo sebagai ajang tahunan itu mengangkat tema ‘Kami Bela Izinnya, Kita Beli Produknya’ serta mengusung sub tema “Membangun Wirausaha Desa Bersaing Sampai Kekota’.

Adapun konsep kegiatan yang akan diusung yakni ‘Promosi Potensi Desa dan Pengembangan Kewirausahaan Desa’.

Sekretaris Daerah Lambar, Nukman, mengatakan, kegiatan tersebut akan melibatkan seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten setempat. Tujuannya, dalam rangka menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Ia menekankan, agar seluruh Camat dapat mengutus dan mengkordinir pelaku UMKM disetiap Kecamatan untuk memunculkan produk unggulan yang memiliki nilai jual sebagai salah satu langkah promosi.

“Karena pada dasarnya camat memiliki peran yang penting terhadap seluruh pelaku UMKM dikecamatan yang akan mengikuti bazar pada kegiatan tersebut,” ujar Nukman.

Lanjut Nukman, pihaknya berharap agar setiap Camat dapat mengoptimalkan komunikasi dan koordinasi kepada para Kepala Desa, mengingat Liwa Expo merupakan kesempatan yang baik dalam melambungkan brand pelaku UMKM.

Selain optimalisasi peserta UMKM, Nukman menekankan agar pihak penyelenggara salahsatunya Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP), agar dapat memperhatikan sisi kebersihan pada saat pelaksanan.

“Jangan sampai kegaiatan sedang berlangsung namun terlihat tidak indah karena adanya sampah,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas PTSP Lambar, Daman Nasir, menyampaikan tujuan dilakukannya Liwa Expo tahun 2022 itu diharapkan dapat membangkitkan gairah jiwa UMKM, khususnya pasca pandemi covid-19 dan transformasi dunia usaha dari manual ke dunia modernisasi.

Pasalnya kata Daman, pada saat pelaksanaan Liwa Expo mendatang akan diadakan bazar UMKM yang akan dikomandoi Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) setempat.

“Tujuannya sebagai sarana promosi, memperluas pengetahuan pelaku usaha karena akan ada uji klinik kepada UMKM, pengelola Bumdes dan kepada aparatur pemerintahan pekon,” terangnya.

Selain Bazar UMKM tandas Daman Nasir, akan diadakan gerai pelayanan masyarakat, oleh lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab maupun pihak vertikal dan horizontal.

(W1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *