Pemkab Pesawaran Terjunkan Alat Berat Bantu Warga Bersihkan Bekas Banjir

PESAWARAN (dinamik.id) – Pemerintah Kabupaten Pesawaran, menerjunkan alat berat untuk membantu warga membersihkan sisa material yang terbawa saat banjir semalam.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, laporan terakhir banjir melanda hampir 12 desa dari tiga kecamatan, namun terdapat tujuh desa di dua kecamatan yang berdampak paling krusial.

“Seperti di Desa Gedongtataan Kecamatan Gedongtataan, kemudian di Kecamatan Way Lima terdapat Desa Padang Ratu, Padang Manis, Banjar Negeri, Kota Dalom, kemudian Batu Raja dan Sindang Garut yang terkena dampak cukup parah,” ujarnya saat meninjau secara langsung. Rabu 22 Maret 2023.

Dirinya mengatakan, musibah banjir yang melanda di Kabupaten Pesawaran disebabkan beberapa faktor, selain faktor cuaca, rusaknya hutan menjadi salah satu penyebab banjir.

“Kita ketahui pembalakan liar masih sering terjadi di Pesawaran ini, hal ini yang mengakibatkan hutan kita rusak, kemudian banyaknya sampah-sampah perkebunan yang akhirnya menyumbat berakibatkan luapan air sungai,” ujar dia.

“Kemudian juga, adanya faktor akibat pendangkalan sungai dibeberapa titik, lalu bentuk sungai yang berbelok-belok juga menjadi penyebabnya, ini nantinya akan kita lakukan normalisasi sungai dan penataan kembali bentuk sungai. Nantinya akan kita kordinasi dengan pihak balai besar, karena ada beberapa sungai yang menjadi kewenangan daerah dan juga balai besar,” kata dia.

Menurutnya, saat ini pemerintah telah melakukan langkah cepat tanggap darurat dengan membantu membersihkan material-material yang terbawa banjir, kemudian memberikan bantuan bagi warga yang terkena musibah banjir ini.

“Kita terjunkan ekskavator mini di Desa Padang Manis, karena disana ketebalan lumpur cukup parah menimbun rumah warga, kemudian kita juga telah menyerahkan bantuan berupa air mineral, mie instan dan beras,” ujar dia.

“Pemprov Lampung juga telah memberikan bantuan, berupa beras, makanan anak, makanan siap saji, sandang dewasa, kasur, matras, peralatan dapur, kids wear, dan food ware, dan telah kita salurkan kepada warga guna meringankan beban mereka,” katanya. (Naz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *