Pemkab Tubaba Panen Raya, Poktan Jalin Kerjasama Dengan PT. Food Station Tjipinang Jaya DKI Jakarta

TULANGBAWANG BARAT (dinamik.id) – Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung, melaksanakan panen raya padi Tahun 2023, kelompok Tani (Poktan) menjalin kerjasama dengan PT. Food Station Tjipinang Jaya DKI Jakarta dalam hal penjualan.

Kegiatan panen raya tersebut berlangsung di Tiyuh (Desa) Margo Mulyo, Kecamatan Tumijajar. pada Selasa (13/06/2023). Dan turut dihadiri Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho dan sejumlah anggota, Sekda, Dinas Pertanian, Pemerintah Kecamatan, Kepala Tiyuh serta masyarakat sekitar.

Plt.Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Untung Budiono, melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Yayit, bahwa panen raya Tahun 2023 secara simbolis dilakukan di lahan milik Kelompok Tani (Poktan) Produsen Ngudi Jaya Lestari, seluas 2 hektar.

Kali ini lanjutnya, para Poktan juga bekerjasama dengan PT. Food Station Tjipinang Jaya dari DKI Jakarta selaku produsen beras premium dalam hal penjualan hasil pertanian, yang mana kerjasama tersebut dikoordinir oleh bapak Surya Jaya Rades.

“Untuk total panen raya pada bulan Juni 2023 ini mencapai 8.000 Hektar terbagi di 3 Kecamatan, yaitu Tumijajar, Tulangbawang Tengah, dan Tulangbawang Udik.

Diri ya juga menjelaskan, kerjasama dengan PT. Food Station Tjipinang Jaya ini masih beberapa Poktan saja, kedepannya kita harap bisa diperluas, karena dengan kerjasama tersebut para petani dapat meraih keuntungan yang lebih besar, dari penjualan sebelumnya sebab sebab PT tersebut mampu membeli gabah petani dengan nilai tinggi kisaran harga 5.600 per Kg dari yang biasanya kalau dijual ke pemborong hanya berkisar Rp.5.200 – Rp.5.500.

Sementara itu, Mitra PT.Food Station Tjipinang Jaya, Surya Jaya Rades, selalu pengkoordinir mengungkapkan, bahwa dengan kerjasama bersama PT.Food Station Tjipinang Jaya, para petani di Tubaba akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi, tetapi standar kualitas padi yang disiapkan juga harus benar-benar berkualitas.

“Panen raya ini diharapkan tidak disini saja, tetapi kedepannya bisa terus berlanjut dan Tubaba bisa semakin maju dalam hal produksi padi,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Pamrihadi Wiraryo selaku Direktur PT.Food Station Tjipinang Jaya melalui Andre Maulana menjelaskan, panen raya bersama ini merupakan bentuk kolaborasi antara sejumlah Poktan di Tubaba dan PT.Food Station Tjipinang Jaya, yang sudah dimulai sejak akhir 2022 lalu.

“Hasil panen ini kita kirim ke pabrik mitra produksi padi di Pringsewu dan Kota Gajah, untuk selanjutnya kita distribusikan kepada masyarakat. Adapun varietas padi yang diberdayakan lebih kepada varietas muncul dan ir64,” katanya.

Dirinya mengungkapkan, pihaknya sangat bangga bisa berkolaborasi dengan teman-teman petani di Kabupaten Tubaba, dan kedepannya dengan adanya kolaborasi ini produktivitas dapat ditingkatkan dengan melalui pendampingan implementasi teknologi good afrikatur practice penanganan panen dan standar kualitas gabah kering hasil panen.

“Hal ini masih menjadi PR kita bersama bagaimana kita bisa meningkatkan hasil yang lebih baik dari yang sekarang, sehingga kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan timbal balik positif bagi kedua belah pihak baik PT.Food Station Tjipinang Jaya DKI Jakarta maupun petani,” ujarnya.

Di tempat yang sama Sekda Tubaba, Novriwan Jaya, menyambut baik kerjasama tersebut kita berharap dapat lebih diperluas lagi.

“Saya berharap kedepannya produksi padi di Tubaba dapat terus meningkat. Dan kita bukan hanya produksi padi tapi juga produksi benihnya. Dan Tubaba kita harapkan dapat memiliki pabrik sendiri untuk memproduksi gabah menjadi berasnya, ” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *