Tingkatkan Mutu Jurnalistik, Dewan Pers, PWI Lampung dan Lembaga Dr. Sutomo Gelar UKW

Bandar Lampung (dinamik.id) – Dalam upaya meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) Profesi Jurnalistik, Dewan Pers bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung dan Lembaga Dr. Sutomo mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Novotel, Kota Bandarlampung, Jum’at (07/07/2023).

Dalam sambutannya, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah mengapresiasi atas terselenggaranya UKW yang diadakan oleh Dewan Pers, mengingat pentingnya menjaga mutu para jurnalis dalam menyajikan informasi untuk publik khususnya jurnalis yang bernaung di lembaga PWI.

Bacaan Lainnya

“Kami Sangat mengapresiasi atas terselenggaranya UKW yang diadakan oleh Dewan Pers yang berkontribusi dengan PWI kali ini,” ujar Wirahadikusumah.

Lebih lanjut pihaknya berharap agar masa mendatang PWI terus bisa berkolaborasi dewan pers dengan difasilitasi untuk peningkatan kualitas SDM di Provinsi Lampung.

“Ini sebuah peningkatan kualitas dari SDM kami, khususnya para anggota PWI Lampung, karena sebuah profesi tentunya bicara tentang kualitas SDM, seorang jurnalis bukan hanya menaati kode etik jurnalistik dan UUD Jurnalis 1999 atau aturan Dewan Pers saja, juga harus menerapkan adab dan etika dalam menjalankan profesi jurnalis dilapangan,” jelasnya.

Di tempat yang sama Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Darmajaya sebelum membuka acara UKW menyampaikan bahwa pentingnya menjaga kualitas dan kuantitas dalam menyusun sebuah berita.

“Jurnalis harus memahami betul apa yang harus ditulis, jadi tau apa yang harus dikerjakan untuk menulis berita,” jelas M. Agung Darmajaya

“Kita sepakat jurnalis adalah profesi yang dapat dikerjakan dari berbagai latar belakang, jadi kita harus benar-benar memahami betul apa yang harus ditulis sehingga bisa menghasilkan berita yang berkualitas,” tambahnya.

Lebih lanjut ia berpesan untuk mendapatkan pemberitaan yang akurat dan berkualitas, setiap jurnalis harus mendapatkan informasi dari narasumber yang tepat dan memiliki kewenangan.

“Pastikan kita mendapatkan narasumber yang kredibel, jadi dapat menyampaikan berita secara fakta, Pastikan apa yang kita tulis dipertimbangkan dampak yang akan terjadi setelah pemberitaan yang kita tulis, Menulis berita Idealnya Benar dan Baik,” pesannya.

Pihaknya juga berharap para jurnalis yang mengikuti UKW bisa menjadi wartawan yang benar-benar bermutu di Provinsi Lampung.

“Saya berharap jumlah wartawan sedikit tapi berkualitas,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *