TULANGBAWANG BARAT (dinamik.id) – Di era digital, pelayanan yang cepat, efisien serta transparan menjadi suatu hal yang tak ter-elakkan. Oleh karena itu, sebagai pelayan masyarakat, kita harus terus dapat beradaptasi berinovasi agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti saat ini.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tubaba, Eri Budi Santoso, saat di konfirmasi pada kegiatan sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N- Lapor), Senin (20/11/2023).
Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah konkret Pemkab Tubaba dalam upaya meningkatkan pelayanan publik yang efektif, transparan, dan akuntabel melalui pemanfaatan teknologi dan informasi yang berkembang saat ini.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Dalam menghadapi era digitalisasi ini, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat harus selalu siap untuk terus berinovasi dan memperbaiki layanan publik demi kesejahteraan dan kepuasan masyarakat.
Sebagaimana kita ketahui, teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan mendasar dalam berbagai aspek kehidupan kita, termasuk dalam bidang pelayanan publik.
SP4N lapor adalah sebuah sistem pengelolaan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan pelayanan publik segala berjenjang di setiap penyelenggaraan dan dalam informasi pelayanan publik secara terintegrasi dengan laman web, SP4N LAPOR.
“Jadi di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nantinya ada operator nya Masing-masing. Dan sosialisasi ini kita harapkan agar Masing-masing teman di OPD untuk dapat menjalankan fungsi tersebut,”ujarnya
Selain itu Eri juga mengingatkan bahwa dalam menjalankan aplikasi tersebut nantinya, penting bagi kita semua untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data yang ada dalam sistem ini. Data yang dikumpulkan melalui SP4N Lapor harus dijamin kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk tujuan yang sesuai.
Saya berharap, agar acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis SP4N Lapor ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang bermanfaat bagi setiap peserta agar Masing-masing OPD dapat menindaklanjuti laporan masyarakat untuk percepatan dalam kontek kepuasan dalam segi pelayanan publik. Oleh Karena itu mari kita terus berkolaborasi dengan baik agar implementasi sistem ini menjadi sukses dan memberikan dampak positif khususnya bagi masyarakat di daerah yang kita cintai ini.
Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai Narasumber, Kementerian Dalam Negeri Bpk. Hasan dan M..dan Ardian Rachmawan serta
Sekda Tubaba, Novriwan Jaya. (Rsd)