Anies Janji Angkat 700.000 Guru Honorer Jadi PPPK dan Beri Beasiswa bagi Anak Pendidik

Jakarta (dinamik.id) – Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji akan mengangkat 700.000 guru honorer menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bila ia terpilih sebagai presiden.

Menurut Anies banyaknya guru honorer yang belum diangkat menjadi guru PPPK serta 1,6 juta guru yang belum tersertifikasi adalah masalah bagi kesejahteraan para guru. “Jadi program yang menurut saya harus dikerjakan, kita akan rencana kerjakan adalah percepatan sertifikasi guru, pengangkatan 700.000 guru honorer menjadi guru P3K,” kata Anies dalam debat kelima Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Minggu (4/2/2024).

Pemerintah Tetap Jadi Regulator Selain itu, Anies juga berjanji untuk memberikan beasiswa bagi anak-anak guru, dosen, dan tenaga pendidikan. “Jangan sampai mereka mendidik pun lebih ratusan anak tapi anaknya tidak pernah bisa menyelesaikan pendidikan sampai tuntas,” kata dia.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini juga menilai perlu ada penghargaan dan tunjangan berbasis kinerja kepada dosen dan peneliti serta mengurangi beban administrasi para dosen.

“Yang tidak kalah penting adalah mengurangi beban administrasi, dosen beban administrasinya luar biasa besar. Dosen itu mengajar, meneliti, melakukan pengabdian masyarakat, tapi jangan diberikan beban administrasi yang terlalu besar,” ujar Anies.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini berpandangan, guru dan dosen selaku pendidik adalah kunci untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh sebab itu, pemerintah harus bertanggung jawab atas kesejahteraan para pendidik agar mereka dapat berkonsentrasi mendidik anak-anak Indonesia. (Pin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *