Disdikbud Tubaba Gelar Seleksi FLS2N untuk Tingkat SD dan SMP

TULANG BAWANG BARAT (dinamik.id) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, telah mengumumkan pelaksanaan seleksi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) untuk Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menurut pernyataan dari Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Tubaba, Hikma Wati, pada Rabu (24/4/2024), kegiatan FLS2N Tingkat SD dan SMP akan berlangsung pada Senin, 29 April 2024. Lokasi pelaksanaannya direncanakan di SMPN 02 Tumijajar, Kabupaten Tubaba.

“Kalau memang tidak ada kendala saat pelaksanaan perlombaannya, insya Allah akan digelar pada 29 April 2024. Namun, jika terdapat kendala dalam persiapannya, jadwalnya akan mundur seminggu kemudian,” jelas Hikma.

Lebih lanjut, dari berbagai cabang perlombaan yang ada, para pemenang akan dipilih dari hasil seleksi ini. Mereka yang terpilih akan mewakili Kabupaten Tubaba untuk berkompetisi di tingkat Provinsi, dan jika berhasil, akan melaju ke tingkat nasional.

Hikma menambahkan, “Kita juga melihat dari Provinsi kedepannya seperti apa, kalau memang hanya juara 1 saja yang diminta, ya berarti cuma kirim juara 1-nya saja. Tetapi kalau 1 dan 2, maka kita kirim juga juara 1 dan 2.”

Untuk cabang perlombaan di tingkat SMP antara lain meliputi Lomba Seni Tari Kreasi, Solo Song, Pantomim, Desain Grafis/Gambar, dan Ansambel atau Gitar duet. Sementara itu, cabang perlombaan Tingkat SD terdiri dari Lomba Seni Tari Kreasi, Solo Song, Pantomim, Cerita Bergambar, dan Kriya Anyam.

Para pemenang akan mendapatkan trophy dan piagam yang merupakan penghargaan untuk kemampuan mereka. Mereka juga bisa menggunakan penghargaan ini untuk mendukung jenjang sekolah selanjutnya.

Hikma juga menjelaskan bahwa para pemenang yang akan dikirim ke tingkat Provinsi akan menjalani seleksi kembali pada bulan Mei sampai Juni. Jika terpilih di tingkat Provinsi, mereka akan melanjutkan perjuangan mereka ke tingkat nasional.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menemukan bibit atau bakat-bakat baru dari siswa-siswi di Kabupaten Tubaba. Sehingga mereka bisa dikenal dan berprestasi di tingkat Provinsi bahkan Nasional,” tambahnya.

Dengan adanya gelaran FLS2N ini, diharapkan dapat menciptakan semangat kompetisi yang sehat dan memberikan ruang bagi siswa-siswi untuk mengembangkan bakat dan minat mereka di bidang seni. (Rsd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *