Bupati Parosil Sebut Lomba Qasidah Ekspresi Mensyiarkan Islam

LAMPUNG BARAT (dinamik.id) – Kantor Kementerian Agama Lampung Barat melalui Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) menggelar lomba qasidah di Gedung Olahraga (GOR) Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit, Selasa (7/9/2022).

Dalam kegiatan lomba yang diikuti 27 grup dari 15 Kecamatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Lambar, Parosil Mabsus. Menurut pakcik sapaannya, lomba tersebut salahsatu cara mensyiarkan religiusitas.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah cara kita berekspresi dalam mensyiarkan dakwah Islam,” ujar Pakcik dalam sambutannya.

Sebab hemat Pakcik, dalam lantunan qasidah terkandung makna dalam mengajak pada nilai-nilai kebaikan.

Parosil juga mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kabupaten Lampung Barat yang tepat jatuh pada 24 September 2022 mendatang.

Parosil mengajak seluruh peserta qasidah untuk mengucap syukur, karena kegiatan tersebut dapat dilaksanakan kembali, dan hal itu merupakan satu bentuk ekspresi dalam mensyiarkan dakwah agama.

Ia berharap, melalui kegiatan tersebut kiranya dapat meningkatkan rasa syukur usai merebak dan tingginya grafik pandemi Covid-19. Mengingat, agenda tersebut sempat terjeda.

“Tahun 2019 itu merupakan terakhir melaksanakan lomba qasidah seperti ini,” ujar Parosil.

“Setelah usai pandemi, baru tahun 2022 ini kita laksanakan lagi,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut Pakcik menyampaikan informasi jelang peresmian Gedung Budaya di komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten setempat, pihaknya akan turut menggelar beragam lomba.

Seperti lomba nyambai, orkes gambus, lomba qasidah dan lomba-lomba kebudayaan lainnya.

“Tujuannya sesuai dengan peruntukan Gedung itu sendiri, yakni untuk melestarikan kebudayaan di Lampung Barat,” tukasnya.

(W1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *