Bawaslu dan PWI Lampung Sinergi Awasi dan Sukseskan Pemilu 2024

BANDAR LAMPUNG (dinamik.id) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung melakukan kunjungan silahturahmi ke sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung di Balai Wartawan H Solfian Akhmad, Rabu (28/9/2022).

Kehadiran Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Iscardo P Panggar yang didampingi oleh Koordinator Divisi SDM Organisasi Imam Bukhori, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Hermansyah, Koordinator Divisi Pencegahan Karno Ahmad Satarya, Koordinator Divisi Hukum Suheri, dan Koordinator Divisi Data dan Informasi M Teguh. Sementara Tamri berhalangan lantaran sedang dinas luar.

Jajaran komisioner Bawaslu Lampung diterima langsung oleh Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah, Sekretaris PWI Lampung Andi Panjaitan, beserta jajaran pengurus lainya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bawaslu Lampung ke PWI yang mana hal tersebut bisa menambah sinergitas dan kolaborasi dalam mengawal pemilu 2024 yang bersih dan demokratis.

“Perlu diketahui, di dalam PWI sendiri memiliki bidang Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu). Oleh karena itu, kita bisa ikut serta bersama Bawaslu dalam melakukan pengawasan pada saat penyelenggaraan pemilu dari mulai tahapan. Yang jelas kami siap berkolaborasi bersama Bawaslu melakukan pengawasan di Lapangan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kepada jajaran Bawaslu Lampung jika memiliki sengketa dengan jurnalis dalam hal ini kaitannya dengan pemberitaan, Wira menegaskan untuk tidak sungkan-sungkan melaporkan ke dewan Pers sebagai pengadil jika ada sengketa Pers, karena Wartawan tidak kebal hukum.

“Layaknya Bawaslu ada DKPP, insan Pers ada Dewan Pers sebagai pengadil bagi rekan-rekan yang melakukan kesalahan,” tegas Wira.

Sambung dia, tercatat saat ini PWI Lampung memiliki 1100 anggota, dan yang telah tercatat menjadi anggota biasa sebanyak 600 orang.

“Dengan jumlah anggota yang ada saya pikir harus ada kolaborasi antara PWI dan Bawaslu Lampung dalam melakukan pemantauan pengawasan Pemilu sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada,” harap Wira.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Lampung Iscardo P Panggar mengawali sambutannya dengan mengatakan terkesan dengan adanya Balai Wartawan H.Solfian Akhmad, atau sekretariat PWI Lampung.

Selain itu, Iskardo juga mengatakan program kerja, komitmen dan proyeksi Bawaslu Lampung ke depan di pemilu 2024 cukup berat. Sehingga tentunya Bawaslu butuh kolaborasi berbagai pihak salah satunya dengan PWI Lampung.

“Bukan tanpa alasan, bekerjasama dengan para stekeholder itu akan menambah daya atau kekuatan bagi Bawaslu dalam melakukan pengawasan. Sehingga kami berharap ada kolaborasi yang baik khususnya dengan media,” kata dia.

Sebagai pilar ke empat Demokrasi, sambung Iskardo, media dapat ikut mengawasi jalannya pemilu 2024 mendatang.

“Bisa dibayangkan, di kecamatan hanya ada 3 orang pengawas, di kelurahan 1 orang, dan 5 di tingkat kabupaten. Tentunya kita berharap bantuan dari kawan-kawan media untuk bersama-sama mengawasi jalannya Pemilu,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *