Walikota Eva Permudah Perizinan Usaha & Siap Promosikan Produk Lampung

Bandar lampung (dinamik.id) – Walikota Eva Dwiana memberi sambutan pada acara Musrenbang tingkat kota Bandar Lampung dalam rangka penyusunan RKPD Kota Bandar Lampung Tahun 2023 di Gedung Semergou, Kamis(9/3/2023).

Pemerintah Kota Bandar Lampung terus mendorong kerwirausahaan agar berkembang, dan menciptakan lapangan usaha baru. Penegasan itu disampaikan Wali Kota Bandar Lampung,

“Yang menjadi catatan bagi Bandar Lampung tingkat penganggurannya tinggi, itu tidak lain anak-anak sekolah atau perguruan tinggi yang lulus tidak mau bekerja kedaerahnnya,” kata Eva.

Maka, saat ini pihaknya sedang giat memberikan kemudahan untuk anak-anak muda membuka usaha, juga UMKM mengembangkan bisnisnya.

“Kita permudah apalagi penggiat usaha. Dan sekarang sudah bisa lewat online perizinannya, dimana sekarang lihat hampir seribu penggiat usaha di kota di Bandar Lampung ini tidak lain untuk kemajuan dan pemulihan PAD kita juga,” ujarnya.

Selain itu, Pemkot juga sudah mempromosikan produk Bandar Lampung untuk dapat dijual ditingkat nasional hingga internasional.

“Kita juga bekerjasama dengan Meksiko. Mereka mengajak kita untuk bekerjasama dalam hal kain tapis, batik, kopiah dan lainnya. Jadi kita berupaya maksimal mungkin supaya penggiat usaha dapat menaikan PAD,” tandasnya.

Diketahui tingkat penganguran terbuka atau angkatan kerja yang tak bekerja di kota Bandar Lampung pada tahun 2022 mencapai 7,91 persen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto menyampaikan, tingkat penganguran di Bandar Lampung lebih tinggi dibandingkan daerah lain. Lantaran wilayah perkotaan kerap lagi dihuni oleh para pendatang.

“Orang-orang pencari kerja di kota lumayan debitnya, dan mereka datang tidak langsung mendapatkan pekerjaan harus menunggu hingga setengah tahun. Jadi ada pertanyaan bagaimana mengurangi ketimpangan itu,” ujar Fahrizal.

Sehingga jelasnya, yang menjadi tugas adalah bagaimana caranya untuk mereka mendapatkan pekerjaan

“Yang harus diangkat salah satunya dengan pengembangankan produk UMKM. Kalau UMKM kita tumbuh ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan selain itu bisa membantu tingkat bawah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *