Persiapan Mudik Lebaran, Satlantas Polres Mesuji dan Dishub Gelar Ramp Chek Angkutan Umum

Laporan Kanit More
MESUJI — Dalam rangka persiapan pelaksanaan angkutan umum Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023, Satlantas Polres Mesuji bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Pemkab Mesuji melakukan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) atau Ramp Check di Simpang Selamat Datang, Desa Brabasan, Tanjung Raya, Kamis (13/04/2023).

Kasat Lantas Iptu Wahyu Dwi Kristanto mewakili Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudo mengatakan, Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) atau Ramp Check ini guna meningkatkan dan mewujudkan peningkatan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) khususnya angkutan umum (orang) pada mudik Lebaran 1444 H/2023 mendatang.

“Ramp check dilaksanakan oleh para Personil Satlantas dan Dishub untuk melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan angkutan umum,” kata Kasatlantas

Kasatlantas menjelaskan, adapun pengecekan tersebut mulai dari dokumen kendaraan, kelengkapan kendaraan dan teknis laik jalan.
Pertama, unsur administrasi berupa Bukti Lulus Uji, Kartu Pengawasan Izin Operasional, SIM dan STNK. Kedua, unsur teknis utama berupa sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban dan sabuk keselamatan.

“Selanjutnya unsur teknis penunjang berupa pengukur kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan, perlengkapan tanggap darurat,” jelasnya

Dan kegiatan Ramp Check ini, juga menyampaikan masukan kepada pengemudi angkutan umum agar para pengemudi dapat tetap menjaga kondisi kendaraan dalam keadaan laik jalan dan yang terpenting para pengemudi dalam mengemudikan kendaraan harus dalam kondisi fit dan tidak terpengaruh oleh minuman keras atau narkoba.

“Kami berharap kepada para pengemudi atau sopir untuk mematuhi peraturan yang terkait dengan berlalu lintas di jalan. Sehingga diharapkan akan terciptanya kesehatan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas di jalan, harapnya (MORE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *