Penanaman Mangrove Nasional Serentak di 370 Lokasi

Unila (dinamik.id) – Presiden RI Joko Widodo memimpin kegiatan penanaman mangrove nasional secara serentak di 370 lokasi di 37 provinsi di Indonesia, Senin, 15 Mei 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk merehabilitasi ekosistem mangrove dan meningkatkan nilai ekonomi daerah pesisir.

Salah satu lokasi penanaman mangrove adalah Ekowisata Cuku Nyi Nyi di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Di sini, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwoni, S.Si., M.T., bersama Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., turut serta dalam kegiatan yang diikuti jajaran TNI, pemerintah daerah, mahasiswa, dan masyarakat setempat.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jumlah bibit mangrove yang ditanam secara nasional mencapai 1.100.169 batang. Indonesia memiliki luas hutan mangrove terbesar di dunia, yaitu sekitar 3 juta hektare. Namun, hutan mangrove mengalami kerusakan akibat perubahan iklim, abrasi pantai, dan eksploitasi sumber daya alam.

Dalam sambutannya yang disampaikan melalui video conference, Presiden Jokowi mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove ini sebagai upaya pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Ia juga meminta agar bibit mangrove yang ditanam dapat dirawat dan dipelihara dengan baik agar tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi kehidupan laut dan manusia. [Naz]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *