Terus Bergerak, Pemkab Mesuji Salurkan Air Bersih di Kecamatan Rawajitu Utara

Laporan More
MESUJI (Dinamik.Id) — Kemarau panjang akibat El-Nino berdampak sangat besar bagi wilayah Kabupaten Mesuji, mulai dari kesulitan air bersih, masalah kesehatan dengan timbulnya penyakit infeksi pernafasan (Ispa) akibat asap dan debu.

Serta munculnya titik api (hotspot) akibat kebakaran lahan yang melanda hampir di semua kecamatan yang ada di Bumi Ragab Begawe Caram itu.

Menyikapi berbagai masalah dampak kekeringan itu, terutama ketersediaan air bersih, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji langsung mengirimkan armada truk tangki mengangkut air bersih ke Kecamatan Rawajitu Utara, Jum”at (29/09/2023).

Satu kali datang rombongan truk itu berjumlah 8 (delapan) unit kendaraan itu mampu membawa 55 ribu liter air bersih untuk dibagi-bagikan ke desa-desa yang sangat terdampak kekeringan hingga tidak memiliki air bersih sam sekali.

Jumlah kendaraan tersebut merupakan pinjaman dari berbagai pihak termasuk dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk digunakan Pemkab Mesuji dalam kondisi darurat seperti saat ini dalam penanggulangan bencana akibat El-Nino.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Mesuji, Sulpakar yang juga sebagai Ketua Tim Satgas Penanggulangan dampak El Nino Pemkab Mesuji.

Ia mengakui keterbatasan yang dimiliki oleh Kabupaten Mesuji dari segi peralatan dan transportasi armada untuk mengatasi kondisi-kondisi darurat seperi saat kemarau panjang ini.

“Namun ini harus kita sikapi dan kita tidak mau tinggal diam dan menyerah, untuk menyikapi kendala ini, kita sudah meminta bantuan tambahan transportasi dari Pemprov melalui BPBD Provinsi Lampung. Alhamdulilah kita diberikan pinjaman mobil untuk digunakan di Mesuji,” ujar Sulpakar.

Pj. Bupati mengatakan pihaknya kembali mendistribusikan air bersih ke masyarakat di desa yang mengalami masalah kesulitan air bersih.

“Delapan armada kita luncurkan ke Kecamatan Rawajitu Utara untuk mengirimkan air bersih ke masyarakat di beberapa desa disana,” katanya.

Khusus pada trip kali ini, kata Sulpakar, semua armada 8 unit mobil tangki diarahkan ke Kecamatan Rawajitu Utara.

“Harapan kami, dengan adanya pendistribusian air bersih ini, dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa setempat,” kata Sulpakar.

Mengenai sampai kapan akan dilakukan pengiriman air bersih, Sulpakar menegaskan distribusi air bersih akan terus dilakukan secara rutin. Dari satu kecamatan ke kecamatan yang lain se-Kabupaten Mesuji.

“Kita sudah distribusikan air bersih yaitu di Kecamatan Mesuji, Mesuji Timur, Simpangpematang, Pancajaya dan ini Rawa Jitu Utara. Nanti putar lagi terus ke kecamatan yang lain yang belum secara bergiliran,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *