Mengenal Layanan Konseling FISIP Unila

Bandarlampung (dinamik.id) – Layanan Konseling merupakan klinik yang memberikan layanan konseling kepada seluruh sivitas akademika FISIP Universitas Lampung ( Unila ) terutama kepada mahasiswa. Klinik ini mendukung peran pembimbing akademik dalam mendampingi para siswa saat diperlukan.

Selain itu klinik ini menjalankan peran pencegahan melalui kegiatan sosialisasi seputar isu-isu yang membuka ruang kekerasan (perundungan, melontarkan), dan pemberdayaan mahasiswa melalui pelatihan. Selain itu klinik menjembatani penanganan kasus kekerasan yang terjadi di lingkup FISIP Unila.

Layanan Konseling FISIP Unila memiliki fungsi di antaranya edukasi terkait relasi yang setara dengan sesama mahasiswa, memberikan informasi kepada para dosen, tenaga kependidikan dan pramubakti mengenai cakupan pemahaman dan kekerasan.

Pelatihan konseling melatih para mahasiswa yang lolos seleksi untuk berperan sebagai konselor sebaya ( peer counseling ) dan penanganan kasus, akademik, maupun kekerasan yang terjadi di lingkungan FISIP, bekerja sama dengan pihak lain.

Saat ini layanan konseling FISIP Unila memiliki beberapa mitra kerja dari lingkup internal maupun eksternal. Dalam lingkup internal, para mitra kerja di antaranya dosen pembimbing akademik, Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP, Program Studi Psikologi FK, CCED Unila, dan HIMA jurusan-jurusan FISIP.

Sementara pihak eksternal antara lain Asosiasi Psikolog Kota Bandar Lampung dan Provinsi Lampung, serta Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) dan jaringannya.

Klinik Layanan Konseling sebagai bagian dari FISIP dan mengelola sumber daya manusia di lingkungan FISIP Unila yang sudah menjalani pelatihan konseling, termasuk di dalamnya para mahasiswa yang pelatihan.

Untuk mendapatkan informasi dan layanan konseling dari Klinik Layanan Konseling FISIP Unila, mahasiswa dapat terhubung dengan fasilitator sebaya dan dapat memilih teman bercerita dengan scan barcode. (Naz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *