Tembus 4,5 Juta Backlink: Unila Optimalkan Pengelolaan Website dan Blog

Bandarlampung (dinamik.id) – Website Universitas Lampung (Unila), https://www.unila.ac.id, mencatat lonjakan signifikan dalam jumlah backlink. Tercatat, pada 6 November 2023, website Unila berhasil menembus angka 4,5 juta backlink, menunjukkan peningkatan signifikan dari jumlah backlink per 31 Juli 2023, sebesar 2,5 juta backlink.

Kepala UPT TIK Unila Muhamad Komarudin, S.T., M.T., mengungkapkan, UPT TIK telah berkolaborasi dengan Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Unila 2023. Melalui kolaborasi ini, mahasiswa baru berhasil membuat blog untuk pengumpulan tugas menulis review PKKMB sebanyak 7.040 mahasiswa.

Grafik sebaran blog tersebut menunjukkan kontribusi dari berbagai fakultas, seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), serta Fakultas Kedokteran (FK).

Peningkatan jumlah backlink yang signifikan ini menjadi hasil kolaborasi website Unila dengan penggunaan salah satu tool, https://ahrefs.com/backlink-checker. Sebelum mahasiswa baru membuat blog, pada 31 Juli 2023, domain https://www.unila.ac.id hanya memiliki 2,8 juta backlink, dengan 74% di antaranya merupakan backlink dofollow.

“Setelah mahasiswa baru membuat blog tercatat hingga Senin, 6 November 2023, jumlah backlink meningkat menjadi 4,5 juta, dengan 97% di antaranya merupakan backlink dofollow,” ujarnya dalam Workshop Optimalisasi Pengelolaan Website dan Blog di Lingkungan Unila, di Hotel Emersia, Bandar Lampung, Selasa, 7 November 2023.

Dengan kerja sama antara berbagai elemen di Unila dan upaya yang sistematis, universitas ini telah berhasil mencatatkan prestasi luar biasa dengan mencapai 4,5 juta backlink. Unila membuktikan komitmennya dalam meningkatkan peringkat webometrics. Strategi ini menjadi contoh inspiratif bagi universitas lain dalam upaya meningkatkan visibilitas dan reputasi online.

Komarudin juga menekankan pentingnya backlink eksternal yang berkualitas, semisal backlink dari Wikipedia, dalam meningkatkan domain rating (DR) Unila. Fokus pada kualitas konten, mendapatkan backlink yang berkualitas, dan menautkan konten internal merupakan langkah-langkah penting dalam upaya optimalisasi website.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan TIK Unila Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., yang hadir membuka acara menjelaskan, website Unila berfungsi sebagai showcase untuk menjangkau para stakeholder. Pemahaman tentang indikator pemeringkatan webometrics, yang mencakup 0% presence, 50% visibility, 10% transparency, dan 40% excellence, menjadi landasan bagi upaya peningkatan kualitas website Unila.

Pada bulan Juli 2023, Unila berada di peringkat 34 dalam pemeringkatan webometrics. Salah satu strategi untuk meningkatkan indikator “openness” adalah dengan mengecek dan menormalisasi akun Google Scholar dari delapan fakultas di Unila. Manajemen website yang efektif merupakan kunci utama dalam usaha untuk meningkatkan peringkat webometrics universitas.

Strategi Unila untuk mencapai sepuluh besar dalam pemeringkatan webometrics telah disusun secara sistematis oleh tim Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Unila, melibatkan seluruh unit kerja termasuk fakultas, UPT, dan lembaga.

“Dengan keterlibatan mahasiswa, staf, dosen, dan elemen pimpinan Unila, diharapkan dapat bersama-sama berkontribusi dalam pencapaian peringkat webometrics yang lebih baik,” ujarnya diwawancara usai workshop.

Proses optimasi juga melibatkan dosen, staf, dan mahasiswa melalui platform blog WordPress untuk dosen dan staf serta platform Blogspot untuk mahasiswa. Manajemen konten yang efektif, termasuk pembaruan konten kuliah menggunakan Google Apps dan pembuatan konten dashboard interaktif juga menjadi bagian dari strategi untuk meningkatkan peringkat Webometrics.

Workshop pengelolaan website dan blog ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya Unila mendukung pemeringkatan webometrics tahun 2023. Selain workshop, agenda kegiatan meliputi penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba website dan blog Unila tahun 2023.

Turut hadir dalam workshop ini para dekan/direktur pascasarjana, kepala biro, ketua lembaga, ketua SPI, kepala UPT, kepala BPU, koordinator TU, pengelola website unit kerja, dan pemenang lomba website dan blog. [Inay]

Daftar pemenang lomba website dan blog:

Lomba Website
1. Kategori Pelaksana Akademik
a. Fakultas Hukum
b. Fakultas ISIP
c. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

2. Kategori Pelaksana Administrasi
a. UPT TIK
b. LPPM
c. UPT Bahasa

Lomba Blog
1. Kategori Blog Dosen
a. Iwan Sulistyo, S.Sos., M.A. (FISIP)
b. Raden Arum Setia Priadi, A.Sim, M.T. (FT)
c. Ir. Ahmad Zakaria, M.T., Ph.D. (FT)

2. Kategori Blog Staf
a. Amarulloh, M.Kom., M.Pd. (FKIP)
b. Tri Widioko, S.Pd., M.Pd. (FKIP)
c. Harno, S.I.Kom. (UPT TIK)

3. Kategori Blog Mahasiswa
a. Fran Denis Sitohang (S-1 Teknologi Industri Pertanian)
b. Delvio Razaq Nasution (S-1 Ilmu Hukum)
c. Bram Ahimsa Lafayet Simbolon (S-1 Ilmu Komputer) (Naz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *