Kementerian ESDM RI Janji Prioritaskan 1.356 kWh Gratis dan Pemasangan Jaringan Listrik di Mesuji

Laporan More
MESUJI (dinamik.id) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji mengunjungi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) di Jakarta, Kamis (30/11/2023) kemarin.

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati (Pj) Mesuji Sulpakar dengan didampingi sejumlah pejabat utamanya, dalam rangka mengajukan kembali pemasangan kWh gratis untuk tahun 2024 mendatang.

Kunjungan pemkab Mesuji yang diterima oleh Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan yakni Ir. Wanhar ini, ingin menyampaikan sejumlah poin usulan untuk 2024 mendatang yakni, mengusulkan kembali bantuan pemasangan kWh gratis melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) sebanyak 1.356 rumah tangga dan permohonan jaringan listrik untuk dusun Talang Gunung, desa Talang Batu, kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji.

Dirjen Ketenagalistrikan Kemen ESDM Ir. Wanhar menyampaikan apresiasi atas keseriusan Bupati Mesuji Sulpakar untuk membangun dan membantu masyarakat Mesuji terutama rasio elektrifikasi rumah tangga. Pihaknya berjanji akan memprioritaskan program BPBL untuk Kabupaten Mesuji 2024 mendatang.

“Kami berjanji akan prioritaskan usulan BPBL Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Mesuji serta usulan jaringan listrik di dusun Talang Gunung desa Talang Baru ini,” ungkap Ir. Wanhar

Namun, untuk jaringan listrik di desa Talang Batu ini, pihaknya akan berkordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait kawasan hutan yang akan dipakai untuk pemasangan tiang listriknya.

“Kalau untuk usulan jaringan listrik nya, kami kordinasi dulu dengan KLHK untuk pinjam pakai kawasan hutan. Dinas Lingkungan Hidup Mesuji juga saya minta terus berkordinasi dengan pihak KLHK. Optimis usulan ini dapat segera terealisasi sesuai harapan kita,” tegas Dirjen Ketenagalistrikan ESDM.

Sedangkan Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan, sangat berharap usulan program yang dibawanya ini akan dikabulkan kementrian ESDM, mengingat dusun Talang Gunung, Desa Talang Batu ini sudah sangat lama memimpikan dan menginginkan kehidupan normal seperti tempat lainnya yang teraliri listrik PLN.

“Mesuji memiliki keterbatasan anggaran untuk membantu masyarakat soal pemasangan listrik PLN khususnya di desa Talang Batu. Kami berharap pemerintah pusat melalui Kementrian ESDM ini benar-benar mampu mewujudkan keinginan masyarakat,” kata Sulpakar dihadapan Dirjen Ketenaga listrikan ESDM.

Sulpakar juga menyampaikan ucapan terimakasih karena Tahun 2023 ini, Kementrian ESDM telah memberikan bantuan pemasangan kWh listrik gratis melalui Program BPBL sebanyak 314 rumah tangga tidak mampu. Program ini sangat penting, karena dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat.

“Kami berharap, program listrik gratis ini terus berlanjut dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang lebih luas di kabupaten Mesuji,” ucapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *