Bawaslu Mesuji Gelar Rakor Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan, Kapasitas Panwaslu Kecamatan Pilkada 2024

Rabu, 10 Juli 2024 - 10:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Laporan More
BANDAR LAMPUNG (dinamik.id) –Bawaslu Kabupaten Mesuji menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kapasitas Panwaslu Kecamatan se- Kabupaten Mesuji pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 mendatang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari berturut-turut dari hari Minggu 7Juli hingga dengan Rabu 10 Juli 2024 di Hotel Emersia, Bandarlampung.

Ketua Bawaslu kabupaten Mesuji Deden Cahyono, S. Sos.I mengatakan, bahwa Rakor Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kapasitas Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Mesuji bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan para pengawas dalam melaksanakan tugasnya.

ADVERTISEMENT

adddinamik

SCROLL TO RESUME CONTENT

Termasuk sekretariat dalam berikan dukungan fasilitasi terhadap tugas dan fungsi pengawasan yang diemban oleh seluruh jajaran pengawas di Kabupaten Mesuji mulai dari pengawas kabupaten, pengawas kecamatan, pengawas desa, hingga pengawas TPS.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 full board atau setara dengan 4 hari 3 malam sebagai realisasi atas amanah Dokumen Isian Pelaksanaan Anggaran Bawaslu Provinsi Lampung untuk Bawaslu Kabupaten Mesuji yang bersumber dari dana Hibah Daerah untuk kebutuhan Pilkada serentak tahun 2024.

Baca Juga :  KPK Sita Gedung LNC Pengganti Denda Mantan Rektor Unila Karomani

“Peserta kegiatan ini tak lain dan tak bukan adalah seluruh pengawas kecamatan dan perwakilan sekretariat panwascam dari 7 kecamatan di Kabupaten Mesuji,” ujarnya.

Sedangkan menurut keterangan Andre Al Rendra selaku Koordinator Sekretariat Bawaslu Mesuji menambahkan, kegiatan dimulai dari pengukuhan atau pelantikan Koordinator Sekretariat Panwaslu Kecamatan Sekabupaten Mesuji. Baru dilanjutkan Rakor Fasilitasi Pembinaan penguatan kapasitas Panwascam.

Dijelaskanya, selama kegiatan berlangsung, para peserta akan mendapatkan berbagai kegiatan materi pelatihan yang disampaikan oleh narasumber yang ahli di bidangnya. Materi yang diberikan antara lain mengenai hukum pemilu, teknik pengawasan, etika pengawasan, manajemen waktu, pengelolaan keuangan, hingga pengelolaan pertanggung jawaban dan evaluasi.

Baca Juga :  Pemkab Tulang Bawang Barat Gelar Upacara Hari Pahlawan 10 November

Setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, diharapkan para pengawas memiliki pengetahuan yang lebih mendalam dan keterampilan yang diperlukan dalam melaksanakan pengawasan pada pemilukada kali ini. Setelah kegiatan berakhir, dilakukannya evaluasi untuk efektivitas dari pelatihan yang telah diberikan. Peserta diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang didapat selama pelatihan dalam tugasnya sehari-hari, sebagai pengawas Bawaslu Kabupaten Mesuji.

“Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang mampu meningkatkan integritas dan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan pengawasan pilkada di lingkup wilayah tugasnya masing-masing. Semoga apa yang akan kita laksanakan sepanjang kegiatan ini dihitung sebagai amal ibadah yang membawa kita menuju kebaikan, dan mencapai terlaksananya Pilkada yang Demokratis dan Damai di Kabupaten Mesuji,” jelasnya

Berita Terkait

Dukungan Warga ppi lempasing untuk Iqbal Ardiansyah
Gubernur Lampung Ajak PWI Berperan Aktif dalam Pilkada 2024
Pj Gubernur Ajak KNPI Lampung Kolaborasi Program Sentuh Masyarakat
KPU Kota Bandar Lampung Responsif Terhadap Temuan Bawaslu dalam Pemilu 2024
Rapat Pleno PWI Pusat Tunjuk Zulmansyah Sekedang Plt Ketum PWI
Duet Nanda-Antonius, Sinergi Baru untuk Pesawaran 2024?
Bawaslu Bandar Lampung Ungkap 13 Temuan Pengawasan Tahap Coklit Data Pemilih
Pj Bupati Febrizal Levi, Hadiri Pencanangan PIN Polio di Puskesmas Brabasan
Berita ini 18 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 Juli 2024 - 15:03 WIB

Dukungan Warga ppi lempasing untuk Iqbal Ardiansyah

Kamis, 25 Juli 2024 - 13:12 WIB

Gubernur Lampung Ajak PWI Berperan Aktif dalam Pilkada 2024

Rabu, 24 Juli 2024 - 23:42 WIB

Pj Gubernur Ajak KNPI Lampung Kolaborasi Program Sentuh Masyarakat

Rabu, 24 Juli 2024 - 22:35 WIB

Rapat Pleno PWI Pusat Tunjuk Zulmansyah Sekedang Plt Ketum PWI

Rabu, 24 Juli 2024 - 15:05 WIB

Duet Nanda-Antonius, Sinergi Baru untuk Pesawaran 2024?

Berita Terbaru

Pemilu 2024

Dukungan Warga ppi lempasing untuk Iqbal Ardiansyah

Kamis, 25 Jul 2024 - 15:03 WIB

Pemerintahan

Gubernur Lampung Ajak PWI Berperan Aktif dalam Pilkada 2024

Kamis, 25 Jul 2024 - 13:12 WIB