Pusbis UIN Raden Intan Lampung Gelar Workshop Digital Marketing

Selasa, 21 Januari 2025 - 21:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bandar Lampung (Dinamik.id)– Pusat Pengembangan Bisnis (Pusbis) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) bekerja sama dengan iForte sukses menyelenggarakan Workshop Digital Marketing bertema “Inspirasi Diri: Dari Nol Jadi Viral”, Senin (20/1/2025), di Ballroom Raden Intan.

Acara ini dirancang untuk membekali siswa SMA, mahasiswa, maupun masyarakat dengan wawasan dan keterampilan di bidang pemasaran digital, sesuai dengan kebutuhan era modern.

Workshop ini menghadirkan Marco PIM, Head Strategy dari Dentsu Creative, sebagai pemateri. Dalam paparannya, Marco menjelaskan perbedaan antara Organic Virality dan Planned Virality.

ADVERTISEMENT

addgoogle

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia menekankan, semua konten viral dimulai dari memilih “kata” yang tepat sebagai inti pesan. Kata tersebut harus mampu diekspansi ke berbagai platform dan format konten. Tantangannya adalah memastikan kata itu tetap relevan dan menarik bagi audiens.

Baca Juga :  FKIP Sukses Diklat Lanjutan Kepramukaan II

Marco menguraikan empat elemen penting dalam menciptakan konten viral. Pertama adalah Audience, yaitu memahami siapa target audiens, apa minat mereka, dan gaya komunikasi yang sesuai. Kedua adalah Culture, yang menekankan pentingnya memahami budaya audiens agar konten dapat diterima dengan baik. Ia menyebut bahwa konten yang lucu di satu tempat bisa saja dianggap tidak pantas di tempat lain.

Ketiga, Competition, yang mencakup strategi menghadapi persaingan dengan meniru, memodifikasi, atau menciptakan konten baru dari nol. Terakhir, Personality, yang menjadi elemen pembeda kreator. Marco menjelaskan bahwa kepribadian yang khas, seperti gaya komunikasi Denny Sumargo atau Deddy Corbuzier, membuat konten mereka mudah diingat.

Selain itu, Marco juga membahas pentingnya observasi dalam proses kreatif. Ia menegaskan bahwa kreativitas tidak selalu membutuhkan pendidikan tinggi, tetapi kemampuan untuk memahami kebutuhan audiens dan lingkungan sekitar.

Baca Juga :  Dari Lampung ke Dunia: Kisah Inspiratif Perjuangan dan Mimpi Anwar Fadila

Dalam konteks pemasaran digital, ia mengingatkan bahwa strategi konten harus dirancang sesuai dengan tujuan, apakah untuk meningkatkan kesadaran (awareness), pertimbangan (consideration), atau konversi (conversion). Setiap tujuan memerlukan pendekatan yang berbeda, seperti menggunakan cerita inspiratif untuk awareness, ulasan produk untuk consideration, atau promosi dan diskon untuk conversion.

Selain workshop, perhelatan National Dance Competition Inspirasi Diri Regional Lampung sebagai kegiatan utama juga semakin memeriahkan acara. Acara ini menjadi bagian dari babak regional keempat dari kompetisi tari yang mengusung tema ‘Inspirasi Diri’, dengan 17 grup yang ikut berkompetisi. Kompetisi ini diikuti oleh 15 grup dari SMA/SMK dan lima grup dari universitas se-Lampung.

Baca Juga :  Prodi Manajemen Bisnis Syariah Raih Akreditasi Unggul, FEBI UIN Raden Intan Lampung Cetak Sejarah

Di akhir kegiatan, Pusbis UIN RIL juga mengumumkan pemenang Lomba Konten Video Marketing yang telah melalui proses seleksi.

Kepala Pusbis UIN RIL, Dr Evi Ekawati MSi., menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Evi berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk mengembangkan kreativitas mereka di dunia digital marketing.

Adapun pemenang lomba konten video tersebut adalah Haris Munandar sebagai juara pertama, Rudi Hartono sebagai juara kedua, dan Sultan Al Rizky Prasetiyo sebagai juara ketiga.

Melalui workshop dan kompetisi ini, Pusbis UIN RIL berharap dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan potensi generasi muda, khususnya di bidang digital marketing. (Pin)

Berita Terkait

Unila Dorong Budaya Digital di Pelabuhan Bukit Prima PT. Bukit Asam
FKIPKampus BerdampakKemitraan Berdampak
Unila dan UI GreenMetric Perkuat Kolaborasi Keberlanjutan
FKIP Berperan dalam Keanggotaan Unila di Jaringan Internasional EDLAN
Unila Gelar Workshop Pengelolaan RSPTN dan Pengembangan Sumber Daya Universitas
Himakom Resmi Membuka Ajang Computer Science Showdown 2.0 2025
Yosep Doktor Ilmu Lingkungan, Ekonomi Sirkular Tapioka UMKM
Wamen Stella Apresiasi Riset Unggulan Unila Saat Kunker

Berita Terkait

Jumat, 31 Oktober 2025 - 19:41 WIB

Unila Dorong Budaya Digital di Pelabuhan Bukit Prima PT. Bukit Asam

Rabu, 29 Oktober 2025 - 19:45 WIB

FKIPKampus BerdampakKemitraan Berdampak

Selasa, 28 Oktober 2025 - 19:49 WIB

Unila dan UI GreenMetric Perkuat Kolaborasi Keberlanjutan

Selasa, 28 Oktober 2025 - 19:37 WIB

FKIP Berperan dalam Keanggotaan Unila di Jaringan Internasional EDLAN

Selasa, 28 Oktober 2025 - 15:13 WIB

Unila Gelar Workshop Pengelolaan RSPTN dan Pengembangan Sumber Daya Universitas

Berita Terbaru

Hukum

PWI dan Kejari Tanggamus Bersinergi Edukasi Masyarakat

Jumat, 14 Nov 2025 - 19:10 WIB

DPRD Provinsi

Suara Warga dan Irama Gamelan, Jejak Reses Elly Wahyuni di Way Ratai

Jumat, 14 Nov 2025 - 10:41 WIB