Resmi Dibuka! Gubernur Lampung Minta Jajaran Fokus Musrenbangtan

Kamis, 8 April 2021 - 15:38 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Sub Sektor Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Tahun 2021, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Kamis (8/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal minta jajaran pertanian mengoptimalkan keunggulan kompetitif pertanian Lampung untuk kesejahteraan masyarakat.

ADVERTISEMENT

adddinamik

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Provinsi Lampung memiliki begitu banyak keunggulan komparatif (potensi) baik secara geostrategis, demografis, dan kekayaan alam. Segala keunggulan ini harus dapat dimanfaatkan secara baik dan dioptimalkan menjadi keunggulan kompetitif untuk kesejahteraan masyarakat Lampung,” ujar Gubernur.

Gubernur Arinal berharap semua pihak dapat lebih serius mengidentifikasi permasalahan dan upaya pemecahannya, memanfaatkan peluang serta lebih fokus dalam melaksanakan kegiatan yang akan dilakukan pada tahun-tahun mendatang.

Gubernur juga menjelaskan bahwa Musrenbangtan yang dilaksanakan ini merupakan langkah awal dalam proses perencanaan pembangunan tanaman pangan dan hortikultura Provinsi Lampung untuk program kegiatan Tahun 2022.

Baca Juga :  Breaking News, Kendaraan Truck Tanki Terbakar di Jalintim Mesuji

Oleh karena itu, Gubernur Arinal meminta agar seluruh instansi terkait baik Provinsi maupun Kabupaten/kota dapat mengikutinya dengan baik sehingga sektor pertanian khususnya sub sektor Sektor Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura dapat bermanfaat lebih baik lagi.

“Tolong kita semua dapat mematuhi dan menguasai agar musyawarah pembangunan di sektor pertanian dapat bermanfaat lebih baik lagi. Saya berharap di sinilah kita bisa menuangkan apa yang menjadi keinginan dalam artian mementingkan kebutuhan masyarakat. Jangan hanya melakukan program yang hanya bersifat rutinitas,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menjelaskan bahwa Sektor Pertanian khususnya tanaman pangan dan hortikultura dimandatkan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara umum, yaitu pangan.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Lampung Tahun 2005-2025, hal ini telah diamanatkan untuk mewujudkan kemandirian produksi pangan.

Baca Juga :  Pelepasan dan Penyerahan Mahasiswa KKN dan PLP Periode I 2023

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Kusnardi menjelaskan bahwa musrenbangtan tahun 2021 dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Provinsi Lampung merupakan rangkaian awal dalam siklus perencanaan penyusunan program dan kegiatan untuk Tahun Anggaran 2022.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk sinkronisasi dan harmonisasi, memastikan target sasaran yang telah dalam rencana strategis Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun 2020-2024 dapat tercapai. Tentunya itu dapat terwujud dengan sinergi Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota.

Kegiatan Musrenbangtan Sub Sektor Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung ini turut diikuti Jajaran Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten/Kota, Koordinator Perencanaan Kementerian Pertanian, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Ketua Tim Program KPB, dan Kepala Instansi vertikal. (Adpim)

Berita Terkait

Pelabuhan Pelindo 2 Panjang Raih Peringkat Kedua Terbaik Tingkat Regional
Ismet Roni: Golkar Lampung Konsolidasi Menangkan Arinal Djunaidi
Tiga Kades di Lamsel Dukung Pembangunan Jalan Cor Swadaya Masyarakat
Recaka Musik Lampung Ajak Generasi Muda Lestarikan Tradisi Lokal
Sukses! Nanang Ermanto dan Winarni Terima Tanda Penghargaan
FKPPIB Nilai Rekrutmen BUMN 2024 Tak Transparan
Puskeskel Kampung Baru Raya Hentikan Fogging Gratis, Warga Kecewa
Kasus Kematian Siswi SMK di Mesuji, Polisi Periksa 22 Saksi
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 14:46 WIB

Pelabuhan Pelindo 2 Panjang Raih Peringkat Kedua Terbaik Tingkat Regional

Jumat, 12 Juli 2024 - 16:42 WIB

Ismet Roni: Golkar Lampung Konsolidasi Menangkan Arinal Djunaidi

Senin, 8 Juli 2024 - 17:43 WIB

Tiga Kades di Lamsel Dukung Pembangunan Jalan Cor Swadaya Masyarakat

Selasa, 2 Juli 2024 - 11:30 WIB

Recaka Musik Lampung Ajak Generasi Muda Lestarikan Tradisi Lokal

Senin, 1 Juli 2024 - 13:08 WIB

Sukses! Nanang Ermanto dan Winarni Terima Tanda Penghargaan

Berita Terbaru

Pendidikan

10 Mahasiswa UIN RIL Ikuti KKN Melayu Serumpun V di Aceh

Minggu, 21 Jul 2024 - 16:06 WIB

Pendidikan

Unila Luluskan Dua Mahasiswa Asing Berprestasi Asal Yaman

Minggu, 21 Jul 2024 - 15:01 WIB

Tulangbawang Barat

Seminar Nasional Sinergi Bank Sampah Dorong Pengurangan Sampah di Lampung

Sabtu, 20 Jul 2024 - 17:18 WIB