Fauzan Sibron Minta Masyarakat Lampung Jaga Disiplin Prokes

Bandar Lampung (dinamik.id) — Wakil Ketua DPRD Lampung Fauzan Sibron meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Apalagi saat ini penyebaran Covid-19 di Lampung kembali meningkat.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung, pada 3 Februari 2022, terdapat penambahan 113 kasus baru dalam sehari.

Bacaan Lainnya

“Penambahan hingga seratus kasus lebih dalam sehari ini tidak bisa dianggap biasa-biasa saja. Ini harus disikapi serius oleh masyarakat dan juga stakeholder terkait. Pengawasan prokes harus kembali digencarkan,” tegas politisi Partai NasDem itu, Jumat, 4 Februari 2022.

Jika ini terus dibiarkan, menurutnya, tidak menutup kemungkinan gelombang ketiga dapat terjadi di Lampung. Akibatnya, pelayanan kesehatan dapat terkendala fasilitas lantaran lonjakan pasien yang akan dirawat di RS rujukan.

Ia pun meminta Dinas Kesehatan dan RS daerah untuk kembali memastikan kesiapan pelayanan, diantaranya kesediaan oksigen, obat-obatan, tempat tidur pasien, tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan lainnya.

“Kita tentu tidak berharap terjadi lonjakan signifikan, tapi semua antisipasi tetap harus dipersiapkan,” tegasnya.

Selain itu, pelayanan vaksinasi juga agar dapat terus digencarkan. Demikian juga sosialisasi akan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat agar target herd immunity dapat segera terealisasi.

Hingga Kamis (3/2), total kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Bumi Ruwa Jurai sebanyak 50.139 kasus.

Bappeda Lampung mencatat, jumlah total kesembuhan warga dari terpapar virus Corona sampai dengan saat ini sebanyak 45.651 penduduk, angka kematian 3.829 orang dan probable 369.

Hingga kini status di 15 Kabupaten/Kota se- Lampung masih berada dalam zona kuning atau zona resiko sedang penyebaran virus Corona.

Berikut data Kabupaten/Kota yang terdapat penambahan kasus baru :
1. Tulangbawang Barat, 1 kasus baru.
2. Way Kanan, 2 kasus baru.
3. Lampung Utara, 7 kasus baru.
4. Pesisir Barat, 4 kasus baru.
5. Pringsewu, 4 kasus baru.
6. Pesawaran, 2 kasus baru.
7. Kota Bandar Lampung, 54 kasus baru.
8. Lampung Selatan, 9 kasus baru.
9. Kota Metro, 3 kasus baru.
10. Lampung Timur, 6 kasus baru.
11. Lampung Tengah, 21 kasus baru. (RAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *