Bangunan Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Terbakar, Polisi Selidiki Penyebabnya

PRINGSEWU (dinamik.id) – Salah satu bangunan permanen yang diberada di komplek pondok pesantren Madinatul Ilmi, Pekon Ganjaran, Pagelaran, Pringsewu, Lampung terbakar pada Rabu (19/10/2022) petang.

Bangunan yang terbakar itu berukuran 8×15 Meter dan dipergunakan sebagai tempat penyimpanan logistik pondok yang juga tempat memasak atau menjadi warung makanan.

Bacaan Lainnya

“Api diketahui pertama kali oleh beberapa santri sekira pukul 18.15 Wib. Api muncul waktu dimana sebagian besar santri sedang melaksanakan ibadah sholat magrib di masjid,” Kata Kapolsek Pagelaran Iptu Hasbulloh mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi kepada awak media.

Dia menjelaskan, Api dengan cepat membesar dan menyebar keseluruh bangunan lantaran isi dalam bangun tersebut terdapat banyak barang yang mudah terbakar seperti pakaian para santri, buku dan juga mebeler.

“Karena bangunan itu sebagian besar berisi barang mudah terbakar maka api dengan cepat membesar dan menghanguskan seluruh bangunan,” jelasnya.

Menurut Kapolsek, api baru bisa dipadamkan sekira pukul 20.30 Wib atau dua setengah jam kemudian. Pemadamanan itu dilakukan Para santri, dibantu aparat dan masyarakat sekitar dengan alat seadanya.

“Ditambah datangnya bantuan tiga unit mobil pemadam kebakaran milik BPBD kabupaten Pringsewu,” ungkapnya.

Dikatakan Iptu Hasbulloh, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Namun kerugian material ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

Ia juga mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

“Pemicu kebakaran ini masih belum bisa dipastikan namun dugaan awal dari salah satu kompor yang ditinggalkan dalam keadaan masih menyala,” Tandasnya. (Pon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *