Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran Sidak Pasar Tradisional Kedondong

PESAWARAN (dinamik.id) – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran, lakukan sidak pasar di pasar tradisional Kedondong Kecamatan Kedondong, guna memastikan ketersediaan dan juga memonitor harga bahan pokok menjelang hari raya idul fitri 1444 Hijriah.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran Hendra Sulistianto mengatakan, sidak ini untuk memonitoring ketersediaan, keamanan, dan harga harga sembilan bahan pangan pokok di pasar rakyat menjelang hari raya.

“Kami bersama tim Satgas Pangan Pesawaran turun langsung untuk mengecek ketersedian sembako di lapangan, apakah stok cukup hingga hari raya atau tidak, kalau sudah turun langsung seperti ini, kita tentunya bisa mengetahui permasalahan dan penyebab yang terjadi di bawah,” ujarnya. Kamis 13 April 2023.

Dirinya mengatakan, terdapat beberapa komoditi pangan yang mengalami penurunan dan juga ada yang mengalami kenaikan harga.

“Seperti cabe merah keriting mengalami penurunan harga, yang tadinya Rp28 ribu sekarang menjadi Rp25 ribu, kemudian cabe rawit dari harga Rp40 ribu menjadi Rp30 ribu,” ujar dia.

“Lalu beberapa komoditi pangan yang mengalami kenaikan harga antara lain, telur ayam ras yang sebelumnya Rp28 ribu menjadi Rp 30 ribu, kemudian Daging Sapi yang sebelumnya Rp120 ribu menjadi Rp130 ribu,” kata dia.

Dirinya mengatakan, sampai saat ini kenaikan dan penurunan harga komoditi pangan yang terjadi di pasar tradisional terbilang relative stabil, dan untuk ketersediaan bahan pangan pokok berdasarkan hasil dari pemantauan sidak ketersediaan bahan pangan pokok menjelang Hari Raya Idhul Fitri aman dan tersedia.

“Kegiatan seperti ini, akan kita lakukan terus menerus menjelang hari raya, untuk memastikan stok kebutuhan masyarakat kita di pasar tradisional tercukupi semua,” katanya. (Red/Naz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *