TULANGBAWANG BARAT (dinamik.id) – Upaya mempermudah pelayanan pada masyarakat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung, resmi menambah dan mengoperasionalkan pos baru di wilayah Utara, Kecamatan Lambu Kibang.
Kepala DPKP Tubaba, Apriansyah, melalui Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Nur Budiman, pada Jumat (07/07/2023) menyatakan, penambahan dan penempatan pos pemadam kebakaran baru tersebut, merupakan upaya Damkar dalam mempercepat waktu penanganan darurat atas laporan masyarakat, sehingga pelayanan dapat lebih maksimal.
“Hari ini kita resmi menempati pos baru yang terletak di Tiyuh (Desa) Kibang Budi Jaya, Kecamatan Lambu Kibang. Yang mana penambahan pos ini merupakan program DPKP dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya di wilayah utara,” kata dia.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Menurutnya, pada pos baru tersebut, DPKP Tubaba menyiapkan 15 personil Damkar yang terbagi dalam 3 regu, masing-masing regu terdiri dari 5 personil dan 1 unit armada mobil Damkar.
Dirinya menjelaskan, Dengan penambahan pos baru ini, maka Kabupaten Tubaba sudah memiliki tiga pos Damkar, yang pertama terletak di Tiyuh Candra Mukti Kecamatan Tulangbawang Tengah, yang kedua di kantor Pemda Tubaba, dan ketiga di Lambu Kibang.
Nur Budiman juga menerangkan, untuk Call Center pada pos baru Damkar di wilayah utara, yang meliputi Kecamatan Lambu Kibang, Pagar Dewa, Way Kenanga, Gunung Terang, Gunung Agung, dan Batu Putih, jika terjadi kebakaran dapat menghubungi ke nomor 0812-7934-414.
Adapun untuk wilayah selatan yang terdiri dari Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Udik, dan Tumijajar, Call Center masih tetap sama seperti dulu yaitu ke nomor 0813-6907-7921.
“Sebenarnya posko pemadam itu idealnya memang harus berada di setiap Kecamatan. Namun, untuk merealisasikan hal tersebut, tentunya bertahap dan melihat kemampuan anggaran, apalagi di Tubaba ini kita memang baru memiliki 3 unit armada Damkar saja dan 1 unit armada mobil untuk mengangkut petugas Damkar,” terangnya.
Kendati demikian, pihaknya berharap dengan adanya penambahan pos pemadam kebakaran baru itu, dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat saat terjadi suatu musibah atau bencana kebakaran dengan waktu respon yang lebih cepat.
“Kita optimalkan yang ada, semoga kedepannya kita bisa terus meningkatkan pelayanan kita, dan baik pos maupun armada juga diharapkan dapat terus bertambah secara bertahap,” pungkasnya.