Pemkab Tubaba 2023 Target Salurkan Vaksinasi PMK

TULANGBAWANG BARAT (dinamik.id) – 2023 target penyaluran Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk hewan ternak di kabupaten Tulangbawang Barat Lampung, berjumlah 41.000 dosis.

Hal itu di ungkap, Kepala Dinas peternakan, melalui Kepala Bidang (Kabid) Keswan dan kesmavet, Sanjaya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Senin, (11/1/2023).

Menurutnya dari jumlah dosis tersebut nantinya akan dibagi pada tiga tahap, dan untuk penyaluran nya akan dimulai pada awal bulan Februari 2023 ini.

“Untuk penyaluran Dosis pertama sebanyak 6000 Dosis, target kedua sebanyak 9000 Dosis dan ketiga berjumlah 26.000 Dosis,”ujarnya

Sanjaya menjelaskan, pada 2022 lalu telah kita laksanakan penyuntikan pada tahap pertama sebanyak 20.000 dosis dan tahap kedua 17.000.

Sebenarnya pada tahun 2022 lalu, untuk Dosis tahap kedua ada kekurangan sebanyak 3.000 dosis, penyebabnya nya terkendala banyaknya hewan ternak sapi dan kerbau yang sedang hamil sehingga kita tidak bisa melakukan penyuntikan.

“Tahun lalu ada kekurangan 3.000 dosis, dan ini akan kita lanjutkan pada 2023 ini,”terangnya

Lanjut Dia, program Vaksinasi PMK ini merupakan program Kementan, yang disalurkan melalui Dinas peternakan provinsi Lampung baru kemudian disebarkanke Kabupaten. Dan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat terutama para peternak.

“Ini bentuk kepedulian terhadap para peternak yang ada di Tubaba, karena wabah PMK yang menyerang ternak sapi dan kerbau sangat membahayakan dan tentunya dapat menimbulkan kerugian kepada para peternak itu sendiri. Dan Dinas Peternakan Tubaba akan terus berupaya agar dapat menjaga kesehatan dan memberikan pelayanan terbaik.
Sehingga di wilayah Tulangbawang Barat kedepannya akan menjadi lumbung ternak terbesar dari semua wilayah,”Imbuhnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *