Ditreskrimsus Polda Lampung Sosialisasikan Cyber Security di UIN

Bandar Lampung (dinamik.id) – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung berikan Sosialisasi Cyber Security kepada sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung (RIL) di Ruang Teater Gedung Academic & Research Center, Kamis (16/03/2023).

Sosialisasi dihadiri oleh para Pimpinan UIN RIL dan perwakilan mahasiswa dari seluruh fakultas sejumlah 72 orang. Tampak hadir perwakilan dari Polda Lampung Kanit Subdit V Siber Direskrimsus Polda Lampung, Kompol A R Hakim Rambe SKom MTi dan Kasubdit V Siber AKBP Heti Patmawati SH SIK beserta jajaran.

Wakil Rektor II, Dr Safari MSosI, yang mewakili Rektor, saat memberikan sambutan menyebutkan bahwa kegiatan semacam ini sangat penting dan ia mengajak agar para mahasiswa dan pimpinan mengikuti kegiatan tersebut dengan serius supaya dapat mengetahui informasi dari pihak kepolisian terkait dengan keamanan siber.

“Karena sekarang teknologi di hadapan kita terkadang digunakan secara tidak benar, maka pada kesempatan ini dapat langsung ditanyakan dengan ahlinya secara hukum,” katanya.

Dalam paparannya Kompol Rambe menyampaikan Cyber Security atau keamanan siber merupakan upaya yang dilakukan untuk melindungi sistem komputer dari berbagai ancaman atau akses ilegal. “Jenis keamanan siber yaitu ada di data security, network security, dan application security,” tuturnya.

Dia menjelaskan bahwa selain memiliki sisi positif, dunia maya juga terdapat sisi negatif yang dihimbau untuk dapat aware terhadapnya, diantaranya penipuan, pornografi, perjudian, fitnah, pencemaran nama baik, carding, manipulasi dan pencurian data, cracking, serta pelanggaran HKI.

Undang-undang (UU) No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juga turut dijelaskan dalam kesempatan tersebut.

Foto bersama pihak Polda Lampung dan para peserta Sosialisasi Cyber Security.
Kompol Rambe juga menghimbau agar bijak dalam bermedia sosial. Hal yang harus dilakukan yakni: Hindarilah curhat permasalahan pribadi di media sosial, hindari memberi komentar yang mencela dan menjelaskan orang lain ketika menggunakan media sosial, biasakan untuk selalu memilah dan memikirkannya sebelum memposting, khususnya bila akan berbagi foto dan video.

Kemudian, untuk dapat memeriksa kembali berita dan sumber berita untuk menyaring kebenaran dan hindari hoax sebelum diteruskan kepada yang lain serta selalu menjaga identitas dan keamanan akun pribadi.

“Saring dulu baru sharing,” tegasnya. (An/HI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *