Kasus Covid-19 RI Melonjak, Kemenkes Minta Pemda Pastikan Ketersediaan Vaksin dan Logistik

Bandar Lampung (dinamik.id) – Guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 jelang libur Nataru 2023-2024, Kemenkes merekomendasikan masyarakat melengkapi vaksinasi Covid-19. Pemerintah Daerah (Pemda) diminta memastikan ketersediaan vaksin dan logistik.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik pada Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, mengamati perkembangan Covid-19 belakangan ini, telah terjadi peningkatan kasus di sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Filipina dan Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Terkait hal ini, Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri,” kata dr. Siti, dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, Selasa (12/11/2023).

Dalam surat edaran tersebut, pelaku perjalanan luar negeri mempunyai risiko tertular Covid-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara.

la menuturkan, sebagai langkah pencegahan, ada beberapa upaya antisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat, pertama masyarakat yang batuk flu diimbau agar segera melakukan tes Covid-19. Jika hasilnya positif lakukan isolasi mandiri dan akses telemedisin setelah mendapatkan notifikasi dari Kemenkes.

Untuk diketahui, data infeksi emerging Kementerian Kesehatan menunjukkan kasus Covid-19 di RI meningkat tajam sejak akhir Oktober 2023.

Pada periode 1-26 Oktober, jumlah kasus tercatat 230 sementara angkanya melonjak 54 persen menjadi 355 pada 1-26 November 2023. Kenaikan ini diperkirakan sejalan dengan masuknya varian Eris atau EG.5 dan EG.2. (Pin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *