Apa Saja Kelebihan Mobil Listrik Lexus UX 300e?

Mobil listrik Lexus UX 300e.

BANDAR LAMPUNG (dinamik.id)–Masyarakat masih bertanya-tanya soal teknologi mobil listrik. Bagaimana penggunaannya di Tanah Air, apakah daya listrik aman. Bagaimana cara mengisi ulangnya.

Dalam tulisan kali ini, kita akan membahas mobil listrik Lexus UX 300e.
Ternyata, mobil listrik murni hadir dengan beragam kapasitas baterai. Tentu kapasitas baterai ini yang akan menentukan seberapa jauh mobil dapat melaju.

Sebagai mobil listrik murni, Lexus membekali UX 300e dengan baterai berkapasitas 54,3 kWh. Di kelasnya, baterai yang digendong oleh SUV compact ini termasuk yang terbesar.

Melihat peta persaingannya, BMW i3s mengusung baterai berkapasitas 42,2 kWh. Sedangkan duo mobil listrik asal Korea Selatan yakni Hyundai Kona EV dan Ioniq EV baterainya berkapasitas 39,2 kWh dan 38,8 kWh.

Lexus mengklaim baterai 54,3 kWh milik UX 300e ini dapat berlari sejauh 300 km. Namun dalam pengetesan kami, di layar instrumen kluster terlihat informasi jarak tempuhnya hanya 275 km dalam kondisi baterai full dan AC menyala. Jika AC dalam kondisi mati, jarak tempuhnya langsung berubah ke 300 km.

Kita tentu harus buka-bukaan data konsumsi baterainya. Dalam kondisi berkendara harian yang banyak berhenti dan rata-rata di 20 km/jam, UX 300e ini mencatatkan angka konsumsi listrik di 7,8 km/kWh. Sedangkan untuk konsumsi rute tol yang lebih konstan, justru lebih boros, yakni di 6,5 km/kWh.

Jika kita kalkulasikan ke rupiah dengan mengambil biaya 1 kWh listrik rumah tangga adalah Rp 1.444, maka dalam 100 km perjalanan hanya butuh biaya sekitar Rp 144.400. Irit banget kan? Apalagi, jika mengingat mobil listrik tak butuh ganti oli dan pajak tahunannya sangat murah. Namun, tentu ada modal besar yang kita butuhkan di awal saat membeli mobil listrik di masa sekarang.

Perlu diketahui untuk urusan harga, per awal 2022 ini, Lexus membanderol UX 300e dengan harga Rp 1,431 M untuk on the road DKI Jakarta. (internet)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *