Diploma Sampai Doctor, Unila Wisudakan 995 Mahasiswa

Bandar Lampung (dinamik.id) – Universitas Lampung (Unila) menggelar wisuda program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana, dan Diploma periode II tahun akademik 2023/2024 di GSG Universitas Lampung, Sabtu, 18 November 2023.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani mengatakan,ada wisuda periode ini dengan penuh kebanggaan Unila mewisuda 995 mahasiswa.

Bacaan Lainnya

Jumlah itu terdiri atas 8 orang lulusan program Doktor, 64 orang lulusan program Magister, 78 orang lulusan program Profesi, 764 orang lulusan program Sarjana, dan 81 orang lulusan program Diploma.

Dengan demikian sampai hari ini, Prof Lusmeilia menyebut Unila telah menyumbangkan lulusan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia sebanyak 130.740 orang, dari 8 Fakultas dan 1 Pascasarjana.

Sementara itu, jumlah mahasiswa Unila per Oktober 2023 sebanyak 40.372 mahasiswa aktif, dan semester ganjil 2023 mahasiswa yang mendapat beasiswa sebanyak 3.596 orang.

“Saya atas nama keluarga besar Unila mengucapkan selamat kepada para wisudawan program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana, dan Diploma atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Unila,” kata Lusmeilia.

“Kepada orang tua, donatur, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan, saya turut bersyukur, berbahagia, dan nikmat ini harus disyukuri sebagai bentuk keimanan kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” sambung Lusmeilia.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi disampaikan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen), karena atas kerja keras dan kerja sama dosen dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa, mereka berhasil menyelesaikan studi dan diwisuda

Terima kasih juga diberikan kepada stakeholder yang telah membantu dan mempercepat pelayanan pendidikan Universitas Lampung, termasuk juga para dermawan yang telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa Unila.

Menurut Lusmeilia penyelenggaraan wisuda pada hari ini merupakan sebuah upacara yang menandai perubahan status.

Sebelum wisuda statusnya adalah mahasiswa, dan mulai hari ini sudah menjadi Doktor, Magister, Profesi, Sarjana, dan Ahli Madya.

Seiring dengan perubahan status ini, berubah pula tanggung jawab.

Ketika menjadi mahasiswa memikul tanggung jawab akademik, dan mulai hari ini, tanggung jawab lebih besar

Ilmu pengetahuan yang sudah dikuasai, yang didapat selama menjadi mahasiswa, baik soft skil maupun hard skil jika tidak digunakan kedalam tindakan sosial, maka nilai dari ilmu pengetahuan tersebut menjadi luntur.

Ilmu pengetahuan adalah kekuatan intelektual manusia, dan kekuatan luhur yang diraih oleh manusia.
Kekuatan ini akan menjadi bernilai tinggi, bila digunakan untuk kepentingan kemanusiaan dan kemaslahatan umat manusia.

Sebagai lulusan Unila patut bangga karena saat ini Unila telah meraih berbagai prestasi di bidang akademik, diantaranya meraih akreditasi unggul, dan meraih penghargaan sebagai salah satu dari universitas pengelola tax center terbaik di Indonesia dari Direktorat Jenderal Pajak

Unila mendapat peringkat 16 nasional versi Times Higher Education (THE) 2023, dan juara 1 lomba Sucofindo Science Hackahon Festival 2023 kategori deteksi vegetasi menggunakan computer vision.

Juara 1 lomba kreasi dan inovasi olahan lada dalam acara Festival Rempah dan Lada Lampung 2023, kemudian Gold Medal Idea Competition pada world Invention Competition and Exhabition (WICE).

“Kami selalu memperbaiki berbagai hal penting, diantaranya relevansi kurikulum pendidikan dengan pasar kerja dan penguatan pendidikan karakter, manajemen internal, birokrasi, serta suasana pendidikan dan keilmuan di setiap program studi,” ucap Lusmeilia

Saat ini Unila sedang melaksanakan beberapa program untuk mewujudkan cita-cita Unila menjadi World Class University (WCU)

Unila juga terus melakukan berbagai persiapan untuk mewujudkan sejumlah program studi agar terakreditasi internasional, 1400 besar dunia.

Unila di Asia QS Rangking 701-750, dan Asia Tenggara 117 pada tahun 2024.

Selain itu, Unila terus mengupayakan penerapan secara konsisten program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dengan mendorong para mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kompetensinya sesuai kebutuhan dan minat setiap mahasiswa.

Keberhasilan mahasiswa dan lulusan inilah yang diharapkan menjadi tujuan akhir dari 8 IKU PTN, dan bentuk transformasi perguruan tinggi kearah yang lebih baik.

Dalam rangka pelaksanaan MBKM Unila terus menginisiasi dan membangun kerja sama dengan berbagai pihak yang diantaranya Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Dunia Usaha, dan Organisasi Profesi.

Kerja sama tersebut sebagai wujud tanggung jawab keilmuan dan professional Tri Dharma Perguruan Tinggi serta kontribusinya dalam pembangunan daerah, nasional dan internasional.

Upaya-upaya peningkatan kualitas pengembangan universitas dan lulusan menunjukkan hasil yang baik, sehingga masyarakat percaya untuk menjalani pendidikan di Unila yang ditunjukkan dengan jumlah mahasiswa baru tahun 2023 sebanyak 7.821 orang .

Lusmeilia berharap semoga upaya tersebut akan terus meningkatkan kualitas lulusan Unila, ujarnya. (Top)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *